... kepala dan kaki kambing, tumpeng, dan sesaji lain untuk dikubur di dalam tanah sekitar gunung tersebut.
Batang (ANTARA) -  

Warga Desa Silurah masih memegang teguh tradisi dan budaya. Bermukim di antara Gunung Ranggakusuma dengan Gunung Kobar, penduduk tetap taat menjaga dan melestarikan budaya kirab gunungan hasil Bumi atau nyadran dengan menyembelih kambing kendit.

Hajatan tahunan itu selalu ditunggu warga Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Mereka berbondong-bondong membawa hasil panen sebagai wujud syukur kepada Allah untuk persiapan acara ritual Nyadran Gunung.

Suasana dan aktivitas masyarakat di desa itu begitu ramai, namun masih memperlihatkan suasana khidmat sepanjang warga mengikuti ritual adat. Banyak warga dengan berpakaian adat Jawa berkumpul di sebuah lapangan, bersiap melakukan ritual adat sedekah Bumi dan penyembelihan kambing kendit.

Kambing kendit itu berwarna dasar hitam kombinasi putih bergaris melingkar seperti cincin tanpa putus di bagian badan.

Mereka menjalani ritual menyembelih kambing kendit dan nyadran atau sedekah Bumi ini sebagai rasa bersyukur kepada Tuhan. Ritual adat sedekah Bumi yang berlangsung turun-temurun ini merupakan tradisi yang dianggap sakral oleh warga.

Ritual warisan leluhur ini digelar setiap bulan Jumadil Awal tepatnya pada hari Jumat Kliwon.

Upacara adat Nyadran Gunung Silurah biasanya diawali dengan menyembelih hewan sesaji berupa kambing kendit pada pagi hari dimulai pukul 06.00 WIB.

Setelah leher kambing dipotong, pemangku adat dan tokoh masyarakat membawa kepala dan kaki kambing, tumpeng, dan sesaji lain untuk dikubur di dalam tanah sekitar gunung tersebut.

Kemudian warga satu desa berbondong-bondong menuju ke ujung desa atau lereng Gunung Silurah dengan membawa ambeng makanan dan jajan menggunakan cepon (rinjing/bakul anyaman bambu) yang dibungkus plastik warna hitam dari rumah masing-masing.

Acara dilanjutkan dengan penampilan tari oleh ronggeng sebagai simbol komunikasi.

Nyadran Gunung Silurah ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh tiga tokoh masyarakat setempat. Pembacaan doa dilakukan oleh sesepuh desa dengan menggunakan syair-syair khas Jawa dengan naskah aksara Jawa.

Ada berbagai serangkaian kegiatan yang bertema menyatu dengan alam, mulai dari kirab hasil Bumi, pelepasan burung, penanaman pohon, penyebaran benih ikan, ider-ider desa, potong kambing kendit, selamatan, pentas tari ronggeng, serta pementasan wayang kulit.

Dari semua ritual budaya yang berlangsung, ada hal yang selalu dinantikan warga maupun pengunjung yang datang yaitu selametan atau selamatan, yakni menyantap nasi berkat yang telah dibungkus dengan daun pisang.

Sesajian dalam nasi berkat itu pun merupakan olahan dari hasil Bumi warga setempat. Warga dengan semangat kegotongroyongan menyambut ritual itu dengan meriah. Peserta tradisi dan ritual itu tidak membedakan taraf hidup warga, mereka guyub rukun selama menjalani ritual itu.

Sajian olahan masakan kambing kendit yang telah dipotong saat Nyadran Gunung sebagai ritual bentuk syukur kepada Tuhan dan alam semesta.

Sebelum disantap bersama, nasi berkat dan olahan masakan kambing kendit, terlebih dulu sesepuh desa akan membacakan doa-doa agar ritual ini bisa membawa keberkahan warga dan menyelamatkan kehidupan manusia dari bala (musibah) .

Dengan menyantap nasi berkat itu, masyarakat sekitar percaya bahwa mereka akan mendapatkan berkah dari Tuhan.

Dengan khidmat dan nikmat, masyarakat atau pengunjung yang datang ikut bersama-sama makan nasi berkat yang diiringi dengan pentas tari ronggeng.

Hal yang sama seperti dalam rebutan gunungan hasil Bumi. Warga menyantap nasi berkat yang telah didoakan dan mereka percaya akan mendapatkan berkah. Ini bagian tradisi dan uri-uri (merawat) budaya masyarakat Desa Silurah,  yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Tradisi nguri–uri budaya ini memilik makna penting bagi masyarakat setempat karena di dalamnya tersuguh doa-doa, agar warga desa dijauhkan dari bala dan marabahaya, baik dari alam semesta hingga wabah penyakit, serta ketenteraman dan diberikan keberkahan dalam hidup.

Sebelum sesaji disuguhkan dan tarian ronggeng dipertunjukkan, pada malam harinya jajaran perangkat desa beserta tokoh masyarakat desa berjalan mengelilingi kampung sembari berdoa.

Tradisi mengelilingi kampung pada malam hari atau ider-ider dan berdoa itu dilakukan setelah segenap perangkat desa dan tokoh berkeliling kampung. Pagi harinya, seluruh warga masyarakat datang dengan membawa makanan khas dan berkumpul di sebuah lokasi yang sudah ditentukan.

Tujuan menjalani semua ritual budaya itu selain sebagai wujud syukur kepada Tuhan alam semesta, juga memohon agar warga desa dijauhkan dari malapetaka atau bencana. Masyarakat setempat mempercayai bahwa musibah besar atau pagebluk pernah terjadi pada tahun 1990-an karena ritual ini tidak dilaksanakan karena sesuatu hal.

Adapun ritual pemotongan kambing kendit merupakan tradisi turun-temurun yang diyakini sebagai medium ritual yang dianggap punya kekuatan untuk menolong warga desa.

 Kepercayaan bahwa tradisi tersebut bisa menjauhkan penduduk dari malapetala itulah yang menyebabkan ritual-ritual yang menyertai dalam ritual adat itu masih dilakoni warga Desa Silurah hingga hari ini.

Bagi penduduk Desa Silurah, kemajuan teknologi yang demikian dahsyat pada hari ini adalah satu hal, sedangkan menjalani tradisi warisan masa lampau merupakan ikhtiar bersama menjaga kearifan desa.

Keduanya tidak perlu dipertentangkan karena tradisi dan teknologi memang bisa berjalan bersama.

Warga Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, menarik kambing kendit yang akan dipersembahkan dalam acara ritual, Kamis (24-11-2022). ANTARA/HO-Humas Batang
 

Editor: Achmad Zaenal M

 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022