Jakarta (ANTARA) -
Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong pemenuhan kekuatan pokok minimum atau "Minimum Essential Force" (MEF) Tahap III Periode 2019-2024.
 
"DPR mendukung tercapainya MEF semaksimal mungkin. Kami akan mendorong sebelum 2024, target MEF rencana strategis (renstra) ketiga akan tercapai," kata Puan usai menerima Brevet Hiu Kencana dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga 100, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin.
 
Puan menyatakan DPR siap mengawal pemenuhan MEF yang merupakan standar kekuatan pokok dan minimum TNI. MEF disebutnya mutlak disiapkan sebagai prasyarat utama terlaksananya efektivitas tugas pokok dan fungsi TNI dalam menghadapi ancaman aktual.

Baca juga: Ketua DPR belum terima Surpres Calon Panglima TNI
Baca juga: Komisi I jadwalkan uji kelayakan calon Panglima TNI Rabu (30/11)
 
Saat ini, MEF telah memasuki tahap III periode 2019-2024 yang ditargetkan mencapai 70 persen pada akhir 2024. Pemenuhan MEF tahap III berangkat dari pencapaian MEF tahap II periode 2014-2019 yang mencapai sekitar 62 persen dari target sebesar 74,62 persen.
 
Puan memastikan DPR akan terus mendukung kemajuan alutsista TNI, termasuk kapal-kapal laut milik TNI AL.
 
Hal itu, tambah dia, mengingat Indonesia merupakan negara maritim atau negara kelautan.
 
"Dengan demikian diperlukan lebih banyak lagi kapal-kapal laut yang bisa menjaga NKRI dan tentu saja menjaga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan mengganggu kedaulatan negara kita," tutur Puan Maharani.

 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022