Cianjur (ANTARA) -
Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, menyumbangkan 12 truk logistik bantuan yang salah satunya berisi 12 kodi pakaian laki-laki bagi korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur.
 
"Ada 10 koli (satu koli setara dengan satu karung). Tapi yang jelas dengan adanya bantuan ini, tidak ada lagi informasi pengungsi laki-laki pakai pakaian daster ya," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna, seusai menyerahkan bantuan bagi korban terdampak gempa, di Pendopo Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat, Senin.
 
Sebelumnya, viral di media sosial tentang sejumlah pria korban gempa Cianjur pakai daster lengkap dengan kerudung.
 
Bahkan Gubernur Jawa Barat . Mochamad Ridwan Kamil juga mengunggah peristiwa pria korban gempa Cianjur yang memakai pakaian wanita di akun instagram pribadinya.
Hari ini, Pemkot Bandung menyerahkan bantuan berupa donasi sebesar Rp500 juta dan 12 truk berisi logistik seperti pakaian baru, makanan, selimut, kaos kaki, terpal, tenda yang dikumpulkan dari ASN dan masyarakat Kota Bandung.

"Hari ini kami menyampaikan amanat dari pimpinan kami, memberikan bantuan kepada saudara kami yang sekarang ini terkena musibah, gempa bumi di Kabupaten Cianjur," kata Ema.

Sebelumnya, bantuan logistik berupa sandang dan pangan senilai Rp451,94 juta disalurkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sosial (Dinsos) untuk korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur.
 
"Telah dikirim logistik dari APBN berupa sandang dewasa 30 setel, makanan siap saji 2.600 paket, makanan anak 650 paket, selimut 350 lembar, family kit A 130 paket, pakaian anak 150 paket. Juga logistik dari APBD berupa matras gulung 250 lembar dan tenda gulung 100 lembar," kata Kepala Dinsos Jawa Barat Dodo Suhendar ketika dihubungi di Bandung, Rabu (24/11).
 
Total nilai bantuan sejumlah Rp451.942.500 (Rp451,94 juta) terdiri atas Rp396.581.250 (Rp396,58 juta) dari APBN dan Rp55.361.250 (Rp55,36 juta) dari APBD.
 
Menurut Dodo, selain bantuan logistik yang bersumber dari APBN dan APBD, Tagana dari sejumlah daerah di Jabar pun akan mengirimkan bantuan logistik kepada korban gempa Cianjur.
 
"Sejumlah Tagana dari daerah selain Cianjur juga telah bersiap untuk dikirimkan ke lokasi bencana seperti Garut, Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya dan Bogor," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022