Jakarta (ANTARA) - Jalur Pipa Gas China-Asia Tengah mengirimkan lebih dari 40 miliar meter kubik gas alam ke China pada tahun ini, sebut PipeChina West Pipeline Company.

Jalur pipa gas tersebut mengangkut sekitar 120 juta meter kubik gas alam per hari selama periode tersebut, kata perusahaan itu.

Dengan total panjang 1.833 kilometer dan kapasitas transmisi gas tahunan yang dirancang sebesar 60 miliar meter kubik, jalur pipa gas tersebut telah beroperasi sejak Desember 2009.

Sebagai jalur pipa gas transnasional pertama di China, infrastruktur itu membentang dari perbatasan Turkmenistan dan Uzbekistan, melewati Uzbekistan dan Kazakhstan, dan terhubung dengan Jalur Pipa Gas Barat-ke-Timur China di Horgos, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut.

Jalur pipa gas itu telah beroperasi dengan stabil dan aman selama 4.730 hari sejak dioperasikan, yang memberikan manfaat bagi 500 juta lebih penduduk di 27 provinsi, kota, daerah otonom, serta Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022