Pangkalpinang (ANTARA) - Tim Emergency Response Group (ERG) PT Timah Tbk memberikan bantuan memulihkan trauma atau trauma healing anak-anak korban gempa Cianjur Provinsi Jawa Barat.

"Kami melakukan pemulihan mental anak-anak korban gempa ini di posko dan tenda-tenda pengungsian," kata Koordinator Tim ERG PT Timah Tbk Guntur Avriyandi dalam keterangan persnya diterima LKBN ANTARA Babel, Senin.

Ia mengatakan bantuan pemulihan trauma anak-anak korban bencana gempa sangat penting, karena secara psikis anak-anak yang paling besar merasakan dampaknya dari bencana alam tersebut.

Selain memberikan trauma healing kepada anak-anak, Tim ERG PT Timah Tbk juga melayani  pengobatan dan memberi makanan kepada warga korban gempa Cianjur ini.

Baca juga: Kadin Indonesia kirim bantuan untuk korban gempa Cianjur

Baca juga: DVI kirim 17 sampel DNA dari keluarga korban gempa Cianjur


"Alhamdulillah, setiap harinya puluhan warga terdampak bencana memanfaatkan layanan kesehatan dari tim medis dan paramedis PT Timah Tbk," ujarnya.

Menurut dia, dalam kegiatan trauma healing, pengobatan dan penyaluran bantuan makanan, Tim ERG PT Timah Tbk lebih memfokuskan ke daerah-daerah yang terdampak parah, sedang dan yang belum terjangkau relawan.

"Sesuai arahan Kementerian ESDM, Tim ERG melakukan pemulihan mental kepada anak-anak terdampak langsung, memberikan bantuan medis bagi masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Ia menambahkan Tim ERG PT Timah Tbk yang diberangkatkan ke Cianjur pada Rabu (23/11) merupakan tim terlatih yang telah terbiasa membantu penanganan bencana alam. Mereka sering diturunkan untuk membantu penanganan bencana berbagai daerah di Indonesia.

"Kami berkomitmen menjadi team yang dapat menjalankan tugas satu komando sesuai dengan arahan-arahan tersebut dan memaksimalkan potensi baik SAR, Logistik dan Medis dalam membantu masyarakat terdampak bencana," katanya.*

Baca juga: Tim ERG PT Timah berjibaku bantu korban gempa Cianjur

Baca juga: Relawan FKUI-ILUNI-RSCM bantu penanganan korban bencana Cianjur

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022