Kami telah kerahkan 20 petugas PPSU
Jakarta (ANTARA) - Kelurahan Cawang mengerahkan sejumlah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk membantu warga setempat membersihkan sisa banjir di RW 03, 05, dan 08 Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. 

Lurah Cawang, Didik Diarjo di Jakarta, Selasa, mengatakan, banjir setinggi satu meter yang melanda tiga RW di wilayahnya itu disebabkan luapan Kali Ciliwung pada pukul 01.30 WIB.

"Kami telah kerahkan 20 petugas PPSU untuk melakukan penanganan usai terjadi genangan," kata Didik.

Didik menambahkan setidaknya ada enam RT di wilayah RW 03 yakni RT 02, 04 dan RT 15 yang lokasinya berada di bibir Kali Ciliwung.

Baca juga: Warga diminta waspada rob pesisir Jakarta Utara

Lalu wilayah RT 09 dan 11 di RW 05 serta RT 04 di RW 08 juga terdampak genangan.

“Air masuk ke permukiman warga terus meninggi sampai puncaknya terjadi sekitar pukul 03.30 WIB,” ujar Didik.

Didik mengatakan dampak banjir yang merendam permukiman warga itu membawa sampah serta lumpur yang mengotori lingkungan.

Dia mengatakan petugas PPSU yang dikerahkan membantu membersihkan sisa banjir itu juga melakukan pembersihan sarana dan prasarana publik, seperti jalan dan saluran air.

Baca juga: Pemkot Jaksel kuras lumpur di Setiabudi untuk cegah banjir

Meski demikian, Didik mengatakan tidak ada dari warganya yang mengungsi akibat banjir dari luapan Kali Ciliwung tersebut.

"Untuk warga yang mengungsi tidak ada. Sekarang warga masih bersih-bersih rumah, sebagian sudah selesai. Hanya beberapa rumah yang kebanjiran," ujar Didik.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022