Jakarta (ANTARA) - Presiden China Xi jinping mengatakan pada Selasa (29/11) bahwa China siap bekerja sama dengan Rusia untuk memperkuat kemitraan dalam berkolaborasi di sektor energi.

Kerja sama energi merupakan landasan penting dari kerja sama praktis antara China dan Rusia, dan juga kekuatan positif untuk menjaga keamanan energi global, kata Xi dalam surat ucapan selamat yang dikirim ke Forum Bisnis Energi China-Rusia keempat.

Dalam menghadapi berbagai risiko dan tantangan eksternal, kedua negara telah memperkuat komunikasi dan koordinasi serta mendorong proyek-proyek kerja sama besar, yang telah menunjukkan ketahanan kuat dari kerja sama energi China-Rusia dan prospek yang luas dari kemitraan strategis komprehensif koordinasi China-Rusia untuk era baru, katanya.

Xi juga mengatakan pihak China siap bergandengan tangan dengan Rusia untuk mendorong pengembangan energi bersih dan hijau, dan menjaga keamanan energi internasional serta stabilitas industri dan rantai pasokan, sehingga memberikan kontribusi baru untuk pembangunan pasar energi global yang bersifat jangka panjang, sehat, dan berkelanjutan.

Pada Selasa yang sama, Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengirim surat ucapan selamat ke forum bisnis energi tersebut.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022