Beijing (ANTARA) - Wahana antariksa berawak China Shenzhou-15 berhasil melakukan penambatan (docking) dengan kombinasi stasiun luar angkasa milik negara itu pada Rabu (30/11) pagi waktu setempat, menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Wahana antariksa tersebut, yang diluncurkan pada Selasa (29/11) malam waktu setempat, melakukan manuver pertemuan (rendezvous) dan docking otomatis cepat ke porta bagian depan Tianhe, modul di stasiun luar angkasa itu, pada Rabu pukul 05.42 Waktu Beijing (04.42 WIB), menurut CMSA, lapor Xinhua pada Rabu.

Seluruh proses tersebut memakan waktu sekitar 6,5 jam, kata CMSA.

Selanjutnya, tiga astronaut dalam misi Shenzhou-15 akan memasuki modul Tianhe, sementara tiga astronaut dari kru Shenzhou-14 telah bersiap untuk menyambut kedatangan kru Shenzhou-15, menurut badan antariksa itu.

Ini merupakan kali pertama para astronaut China di stasiun luar angkasa tersebut menerima kunjungan wahana antariksa berawak, menurut CMSA.

Wahana antariksa Shenzhou-15, yang diangkut oleh roket pengangkut Long March-2F Y15, meluncur dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut pada Selasa pukul 23.08 Waktu Beijing (22.08 WIB).


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022