Mantan presiden Jiang Zemin akan dikenang oleh masyarakat internasional atas kontribusinya yang berdedikasi bagi perdamaian, keamanan, dan pembangunan global, serta atas perannya dalam reformasi, keterbukaan, modernisasi, dan pembangunan ekonomi Chin
Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Rabu (30/11) mengheningkan cipta untuk mengenang mendiang mantan presiden China Jiang Zemin.

Pada awal pertemuan Rabu itu, perwakilan tetap Ghana untuk PBB, Harold Agyeman, dalam kapasitasnya sebagai presiden DK untuk November, atas nama anggota dewan menyampaikan simpati terdalam mereka kepada pemerintah dan rakyat China atas wafatnya Jiang.

"Mantan presiden Jiang Zemin akan dikenang oleh masyarakat internasional atas kontribusinya yang berdedikasi bagi perdamaian, keamanan, dan pembangunan global, serta atas perannya dalam reformasi, keterbukaan, modernisasi, dan pembangunan ekonomi China," kata Agyeman.

"Kepergiannya, seperti yang kita tahu, merupakan kehilangan besar bagi China dan masyarakat internasional," ujarnya.

Atas nama Dewan Keamanan, Agyeman meminta semua yang hadir di ruang dewan itu untuk berdiri dan mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang Jiang, yang wafat pada Rabu di Shanghai di usia 96 tahun.

Para perwakilan anggota dewan yang berbicara dalam pertemuan tersebut turut menyampaikan rasa belasungkawa negara mereka atas wafatnya Jiang. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022