dilakukan dalam rangka persiapan penerapan disinsentif parkir
Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menggelar kegiatan uji emisi gratis bagi kendaraan bermotor di terminal bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Kasi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Tiana Brotoadi mengatakan kegiatan uji emisi  gratis ini dalam rangka untuk mendukung program langit biru di Jakarta.

"Khusus di terminal bus Kampung Rambutan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka persiapan penerapan disinsentif parkir atau penggunaan tarif parkir tertinggi di area park and ride terminal bus Kampung Rambutan," kata Tiana Brotoadi di Jakarta, Kamis.

Tiana menambahkan tercatat sebanyak 106 kendaraan yang terdiri dari 78 unit sepeda motor dan 28 unit mobil yang mengikuti kegiatan uji emisi gratis tersebut.

Dia menjelaskan di lokasi tersebut ada tiga alat uji emisi yang terdiri dari dua alat uji untuk kendaraan berbahan bakar bensin dan satu unit untuk bahan bakar solar.

"Kami juga berkeliling ke lima wilayah ibu kota untuk melakukan layanan jemput bola kegiatan uji emisi kendaraan bermotor milik warga Jakarta," ujar Tiana.

Tiana menjelaskan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak UPT Terminal dan UP Parkir Dinas Perhubungan DKI yang kemudian diteruskan ke pihak kelurahan setempat agar warga dapat melakukan uji emisi di lokasi.

Dia berharap program uji emisi itu dapat terus berjalan secara kesinambungan di semua wilayah DKI Jakarta agar capaian uji emisi berhasil secara maksimal.
Baca juga: Kendaraan melebihi baku mutu emisi kena tambahan pajak
Baca juga: Sudin LH Jakbar uji emisi kendaraan operasional Kecamatan Grogpet
Baca juga: Sudin LH Jakbar periksa kelayakan 34 bengkel yang layani uji emisi

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022