Realisasi mencapai 49,5 persen atau sebanyak 47.331 anak dalam tiga hari setelah dicanangkan pelaksanaan Sub PIN
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie, Aceh, menyatakan realisasi imunisasi polio di kabupaten itu telah mencapai 49,5 persen dari dari target 91.484 anak dalam pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN).

“Realisasi mencapai 49,5 persen atau sebanyak 47.331 anak dalam tiga hari setelah dicanangkan pelaksanaan Sub PIN mulai Senin (28/11) menyusul ditetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) di Pidie,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Arika Husnayanti di Sigli, Kamis.

Ia menjelaskan sasaran estimasi dari Pusdatin Kemenkes RI untuk Sub PIN Polio Kabupaten setempat mencapai 95.603 anak dengan rincian 0 sampai 59 bulan mencapai 39.251 anak, dan lima sampai tujuh tahun 16.112 anak, dan tujuh sampai 12 tahun mencapai 40.240 anak.

“Data riil milik Dinkes Pidie yang didapat dari puskesmas di seluruh kecamatan menunjukkan target riil sasaran anak imunisasi polio mencapai 91.484 anak. Jadi patokan data riil puskemas tersebut untuk sementara yang akan jadi target sasarannya,” kata Arika.

Baca juga: Pidie gelar imunisasi massal tanggulangi polio

Baca juga: Menkes: Vaksinasi polio massal akan dilaksanakan di Pidie pekan depan


Pj Bupati Kabupaten Pidie, Wahyudi Adisiswanto memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja para tenaga kesehatan dan medis di wilayahnya yang telah bersama-sama dengan semua pihak telah mampu menunjukkan aktivitas PIN Sub Pidie untuk penyakit Polio yang progres harian capaian imunisasi mengalami peningkatan.

“Alhamdulillah progres capaian imunisasi polio pada hari ketiga telah menyasar dan mengalami peningkatan, artinya kinerja para tenaga medis dan dukungan penuh semua masyarakat sangat luar biasa” kata Wahyudi Adisiswanto.

Wahyudi optimistis dengan melihat progres harian yang ada maka target Kemenkes yang dipatok sebesar 95.603 anak di mana data riil puskesmas di Pidie yang akan dijadikan target 91.484 anak akan bisa tercapai.

Baca juga: Dinkes: Anak di seluruh Aceh akan mendapat vaksin polio tetes

Baca juga: IDAI: Batuk pilek jangan jadi alasan tunda imunisasi anak


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022