mengangkat kembali wastra Nusantara sebagai karya yang luar biasa
Magelang (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyampaikan penyelenggaraan pameran tenun Sumba merupakan upaya pemerintah untuk melestarikan kekayaan budaya bangsa Indonesia.

"Kain tenun ikat Sumba adalah salah satu bentuk dari kekayaan budaya yang dimiliki oleh Provinsi NTT," ujar Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra di sela acara Pameran Tenun Nusantara bertajuk "Menjaga Tradisi untuk Bumi Lestari" di Kawasan Percandian Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis.

Menurutnya, kain tenun ikat Sumba telah menunjukkan praktik baik dalam menjaga bumi tetap lestari. Pasalnya, kain tenun ikat Sumba dibuat menggunakan zat-zat pewarna alami.

"Tenun Sumba ini telah menunjukkan praktik baik menjaga alam dalam konteks budaya. Itulah tujuan kegiatan ini," tuturnya.

Ia menambahkan, pameran yang diselenggarakan di taman kompleks Candi Borobudur itu diharapkan turut mengangkat destinasi pariwisata super prioritas ini.

Baca juga: Dekranasda NTT perjuangkan tenun ikat Sumba jadi warisan budaya dunia
Baca juga: Lusiana Limono mengulik tenun Sumba Barat Daya

Acara yang digelar pada 30 November 2022 hingga 1 Desember 2022 oleh Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek bekerja sama dengan perancang Edward Hutabarat itu juga menghadirkan fashion show tenun Sumba dan ratusan hasil karya dan koleksi Edward Hutabarat dengan para artisan lokal.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid menyampaikan bahwa kegiatan fashion show adalah kegiatan yang penting dan baik untuk mengangkat dan mengkampanyekan kearifan lokal asal Sumba.

"Kegiatan ini mengangkat kembali wastra Nusantara sebagai karya yang luar biasa," ujarnya.

Ke depan, ia mengatakan, pihaknya akan terus memunculkan dan mengkampanyekan hasil karya nusantara.

"Pastinya sangat penting mengangkat yang berkualitas, kita selalu terbuka, utamanya yang penting harus jelas dulu kelestarian apa yang akan dimunculkan dan juga harus kuat," katanya.
​​​​​​
Baca juga: Tenun Sumba Timur tampil di Milan Fashion Week 2019
Baca juga: Sekar Kawung pamerkan tenun Sumba Timur

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022