Kupang (ANTARA) - Kaum milenial di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, menitipkan kain tenun kepada putra tunggal calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam, untuk ayahnya sebagai lambang pengharapan.

"Teman-teman di Sumba Timur menitipkan sehelai kain tenun yang oleh mereka disebut sebagai 'Tenun Harapan'. Di kain ini, teman-teman tadi menuliskan harapan dan bagaimana Indonesia ke depan di mata mereka," kata Alam di Waingapu dalam keterangan yang diterima di Kupang, Rabu.

Dia mengatakan bahwa sejumlah kaum milenial itu meminta agar Tenun Harapan ini disampaikan kepada Ganjar Pranowo. Di kain tenun tersebut tertulis sejumlah pesan yang harus disampaikan kepada ayah dari Alam.

Salah satu pesan yang tertulis adalah "semoga pendidikan gratis diadakan di Sumba agar Saudara-Saudara yang tidak mampu bisa bersekolah gratis".

Alam memastikan bahwa pesan yang disampaikan melalui kain tenun itu akan disampaikan kepada capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

"Nanti pasti akan saya sampaikan karena bukan hanya merupakan aspirasi dan masukan, tetapi juga dukungan moral bagi jalan yang sedang ditempuh ayah saya sekarang di Pemilihan Presiden tahun ini," tuturnya.

Baca juga: Alam Ganjar dialogkan "mental health" dengan anak muda di Palembang

Baca juga: Alam Ganjar: Penyandang tuli itu gaya hidup


Dalam kesempatan diskusi tersebut, Alam juga menerima hadiah jaket tenun Sumba buatan anak muda lokal. Jaket tersebut dipakaikan oleh pengusaha muda NTT Stevano Rizki Adranacus.

"Perpaduan kain tenun dengan desain jaket modern yang sekarang sedang menjadi tren ini menunjukkan betapa anak muda punya kreativitas dan daya cipta luar biasa. Jaket ini juga sebagai simbol bahwa Mas Alam sudah diterima sebagai bagian dari masyarakat Sumba," ujar Stevano.

Dalam kunjungannya ke Sumba Timur, Alam juga sempat mendatangi serta menerima sambutan adat di Makam Raja Prailiu. Di kampung adat tersebut, Alam diajari cara menenun kain Sumba dengan dipandu oleh mama-mama penenun.

Ia juga disuguhi indah dan eksotis-nya pemandangan alam Sumba di Bukit Tenau.

Alam sendiri mengaku bersyukur dengan sambutan yang diterimanya dari anak muda dan masyarakat Sumba Timur. Baginya, hal ini menjadi sinyal bahwa seluruh kerja keras yang dilakukan sang ayah diterima dengan baik.

"Saya agak kaget juga dengan hangat-nya sambutan teman-teman dan masyarakat Sumba Timur. Paling tidak, ini menjadi penyemangat bagi kami bahwa seluruh kerja keras dan upaya yang ditempuh ayah nyatanya sampai ke hati masyarakat," tuturnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024