Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Timur meresmikan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (WARUNG) NKRI di Kabupaten Jember, Minggu.

Peresmian WARUNG NKRI tersebut dihadiri Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar, Ketua Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil, Sekretaris Daerah Jember Arif Tjahyono, serta sejumlah rektor perguruan tinggi setempat di Aula City Forest and Farm, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember.

Dalam sambutannya, Boy Rafli Amar mengatakan dengan pendirian WARUNG NKRI itu diharapkan meningkatkan kewaspadaan masyarakat setempat terhadap paham radikal.

"WARUNG NKRI dapat membangun kewaspadaan sejak dini terhadap ancaman paham radikal yang bertentangan dengan ideologi Pancasila," kata Boy Rafli Amar di Jember, Minggu.

Dia menjelaskan WARUNG NKRI merupakan wadah untuk melakukan pencegahan terhadap munculnya paham radikalisme yang semakin menjamur di Indonesia. Sehingga, tambahnya, penanggulangan terorisme bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga tanggung jawab semua pihak.

"Partisipasi masyarakat dan yang lainnya akan sangat membantu dalam mengantisipasi munculnya terorisme, bergotong-royong dalam menjaga keutuhan NKRI," jelas Boy.

Baca juga: BNPT terus menyerukan lawan narasi intoleran di ruang publik

Dia mengatakan sikap gotong-royong merupakan warisan yang tetap terpancar dalam jiwa kebangsaan sebagaimana telah dicontohkan oleh pendahulu bangsa.

"Kami menyadari bahwa jauh-jauh hari sebelum merdeka, pada peristiwa Sumpah Pemuda 1928, pemuda dan pemudi bisa menyatakan bersumpah bertanah air satu, Tanah Air Indonesia, berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan berbahasa persatuan, Bahasa Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, Arum Sabil mengatakan kehadiran WARUNG NKRI merupakan wujud nyata konsep pentahelix, sebuah strategi yang melibatkan berbagai unsur masyarakat maupun lembaga-lembaga non-profit dalam rangka menumbuhkan rasa cinta terhadap Tanah Air dan membangkitkan rasa persatuan.

"WARUNG NKRI Kwarda Pramuka Jatim berlokasi di Kawasan City Forest and Farm Jember. Area itu merupakan tempat terbuka untuk semua lapisan masyarakat," kata Arum Sabil.

Di tempat itu, katanya, siapa saja bisa berdiskusi tentang masalah dan berbagai potensi yang ada di masyarakat. Selain itu, dapat diskusi tentang ketahanan pangan, energi terbarukan, kegiatan pendidikan, ekonomi, sosial, lingkungan hidup, dan kemanusiaan untuk menjadikan Indonesia negeri yang maju dan harmoni.

"Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar atas gagasan dan inovasi beliau dalam program WARUNG NKRI," ujarnya.

Arum Sabil berharap keberadaan WARUNG NKRI dapat pula menjadi wadah berkumpul para generasi muda untuk berdiskusi tentang nilai kebangsaan dan nasionalisme.

Baca juga: BNPT dorong Warung NKRI jadi sarana penyuluhan generasi muda
Baca juga: Wagub mengapresiasi BNPT dirikan warung NKRI di tiga lokasi Jatim

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022