Ditunjuknya Universitas Udayana sebagai penyelenggara Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2022 sungguh kehormatan dan tantangan
Badung (ANTARA) - Rumah Sakit Universitas Udayana (Unud) Jimbaran, Bali, menjadi penyelenggara perayaan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022 bersama sejumlah pihak terkait lainnya.

"Mudah-mudahan acara berjalan lancar. Ditunjuknya Universitas Udayana sebagai penyelenggara Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2022 sungguh kehormatan dan tantangan bagi kita semua," kata Rektor Unud Prof I Nyoman Gde Antara di Kabupaten Badung, Senin.

Penyelenggaraan BKGN 2022 itu bersama dengan PT Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent, kemudian Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (Afdokgi), Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) serta Kementerian Kesehatan.

Dalam kegiatan yang dirangkaikan dengan pemeriksaan serta perawatan gigi gratis bagi masyarakat Bali di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unud itu, Prof Antara menyebut pihaknya siap apabila ditunjuk kembali sebagai penyelenggara BKGN 2023.

Menurut Rektor Unud, kegiatan bertajuk Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia, Bangkit Lebih Kuat Bebas Gigi Berlubang itu sejalan dengan komitmennya menciptakan sumber daya manusia unggul, mandiri, berbudaya yang berkontribusi bagi pembangunan bangsa.

Senada dengan itu, Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Unud Prof dr I Md Ady Wirawan melihat penyelenggaraan BKGN 2022 juga menjadi kesempatan bagi Unud untuk melebarkan sayap dalam pengabdian masyarakat.

Baca juga: TCI Fakultas Pariwisata Unud bangga ikut ambil bagian di KTT G20

Baca juga: RS Unud tingkatkan fasilitas sebagai RS rujukan di kegiatan G20


"Harapan kami dari institusi semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak optimal dan tujuannya tercapai. Untuk teman-taman Kedokteran Gigi bisa menjalankan kegiatan ini tahun ke tahun," kata dia.

Selain untuk menggaungkan Program Studi Kedokteran Gigi Unud, Prof Ady juga mengatakan, pihaknya akan membantu menyebarkan informasi sebagai bentuk promosi kesehatan serta memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Untuk pelaksanaan Bulan Kesehatan Gigi Nasional di Unud sendiri dilaksanakan pemeriksaan dan perawatan gigi sederhana secara gratis dari 5-7 Desember 2022 mulai pukul 9.00-16.00 Wita di RS Unud Jimbaran.

Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia drg. Ratu Amirah Afifah menambahkan, kegiatan ini merupakan yang pertama antara pihaknya dengan Unud setelah dua tahun bekerja sama namun dihadapkan dengan situasi pandemi COVID-19.

"Kick off BKGN 2022 dilaksanakan di RS Unud. Untuk Bulan Kesehatan Gigi Nasional sendiri sudah 13 tahun dilaksanakan dan diawali pada 2010 di RSGM Universitas Gadjah Mada, dan kini telah diikuti 28 Fakultas Kedokteran Gigi dan RSGM," kata dia.

Ratu menyebutkan, pihaknya telah melakukan survei pada delapan negara di dunia soal perilaku hidup bersih sehat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, dan hasil menunjukkan bahwa perilaku hidup bersih untuk mencuci tangan meningkat, namun menjaga kesehatan mulut menurun.

"Kami survei lagi ternyata ada penurunan pada orang tua sebesar 5 persen dan anak-anak 11 persen, kemudian kebiasaan untuk datang ke dokter gigi menurun, mungkin ini karena di awal pandemi, RSGM dan dokter gigi tutup," ujarnya.

Untuk di Provinsi Bali sendiri, Direktur Utama RSGM Universitas Udayana drg. Putu Ratna Kusumadewi Giri mengakui bahwa dampak pandemi menyebabkan kondisi gigi masyarakat memburuk saat kembali melakukan pemeriksaan.

"Keinginan masyarakat datang berobat untuk rehabilitatif, tapi preventifnya kurang, kesadarannya rendah dan mungkin efek pandemi jadi masyarakat takut berobat. Setelah balik normal kita lihat karang gigi, plak, gigi berlubang banyak, untuk mengembalikan susah sekali, peningkatannya sekitar 80-90 persen," ujarnya.

Maka dari itu, dalam kegiatan BKGN 2022, RS Unud menawarkan masyarakat secara gratis melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi untuk pencabutan sederhana, penambalan sederhana, dan pencegahan aplikasi flourida yang ditangani dokter gigi dan mahasiswa.

Baca juga: RS Unud siapkan CRRT untuk pasien COVID-19 dengan gagal ginjal

Baca juga: RS Universitas Udayana tambah ruang isolasi khusus pasien COVID-19


Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022