Kegiatan MotoGP, MXGP dan WSBK bisa diselenggarakan di NTB karena infrastruktur kita sudah memadai. Itu mendorong percepatan pembangunan
Mataram (ANTARA) - Kepala Dinas PUPR Nusa Tenggara Barat, Ridwan Syah mengatakan banyaknya kegiatan internasional yang digelar menjadi bukti dari keberhasilan pembangunan infrastruktur di wilayah itu.

"Kegiatan MotoGP, MXGP dan WSBK bisa diselenggarakan di NTB karena infrastruktur kita sudah memadai. Itu mendorong percepatan pembangunan," ujarnya di Mataram, Senin.

Ia mengatakan dihelat-nya berbagai kegiatan internasional tersebut telah mendorong percepatan pembangunan dan memberikan "multiplier effect" yang sangat besar untuk pertumbuhan ekonomi.

"Jadi ada hubungan timbal baliknya yang tentu akan memberikan "multiplier effect" bagi pertumbuhan ekonomi di daerah," kata Ridwan Syah.

Ridwan Syah mencontohkan penataan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang juga dilengkapi dengan berbagai infrastruktur penunjang pariwisata telah menjadi faktor kunci kesuksesan penyelenggaraan sejumlah kegiatan yang dilaksanakan, seperti WSBK dan MotoGP 2022.

"Mandalika kini telah sangat siap untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan event-event internasional lainnya," ungkapnya.

Namun demikian keberhasilan pembangunan infrastruktur di NTB, kata Ridwan Syah, tidak terlepas dari dukungan dan sinergi dengan berbagai pihak.

"Berbagai capaian dan tantangan pembangunan infrastruktur di NTB, karena kami sadar pembangunan infrastruktur tidak mungkin terjadi tanpa adanya sinergi dari semua pihak," terangnya.

Selain itu, ia mengatakan dalam menjalankan tugas, Dinas PUPR tidak hanya mengemban misi NTB Tangguh dan Mantap, namun di semua Misi NTB Gemilang sesungguhnya juga terdapat tugas PUPR.

"Kami tidak hanya berbicara mengenai misi NTB Tangguh dan Mantap. Tapi sesungguhnya semua misi dalam NTB Gemilang itu termasuk tugas PU. Contohnya, NTB Sehat dan Cerdas, bagaimana orang bisa sehat dan cerdas kalau PDAM nya keruh dan tidak tertangani dengan baik," katanya.

Baca juga: Keberadaan Sirkuit Mandalika percepat pembangunan infrastruktur di NTB

Baca juga: Infrastruktur penunjang Sirkuit Motor Croos Lombok Tengah dibangun

 

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022