Alhamdulillah sampai sekarang situasi terkendali untuk penyebaran COVID-19 di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Selasa (6/12) yang menarik untuk disimak pada Rabu ini mulai dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut penularan COVID-19 masih terkendali hingga puluhan rumah di Bantul rusak akibat angin puting beliung.

Berikut berita-berita tersebut:
 

1. Menteri Kesehatan menilai penularan COVID-19 masih terkendali

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menilai penularan COVID-19 di Indonesia masih tergolong terkendali pada awal Desember 2022, beberapa pekan menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru.

"Alhamdulillah sampai sekarang situasi terkendali untuk penyebaran COVID-19 di Indonesia," katanya usai menghadiri acara Germas Award 2022 di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Jakarta, Selasa.
 

2. Wapres minta masalah gizi dihapuskan dari Indonesia pada 2030

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta seluruh kementerian/lembaga dan pihak terkait untuk bekerja keras untuk menghapus masalah gizi yang memberikan dampak buruk bagi tumbuh kembang putra-putri bangsa di Indonesia pada 2030.

“Selama empat tahun terakhir, upaya percepatan penurunan stunting telah diarahkan untuk mencapai target prevalensi 14 persen pada tahun 2024. Lebih dari itu, kita ingin segala bentuk masalah gizi dihapuskan dari bumi Indonesia pada 2030, sesuai dengan target SDGs,” kata Wapres dalam Forum Nasional Stunting di Jakarta, Selasa.
 

3. Puluhan rumah di Imogiri Bantul rusak terdampak angin puting beliung

Kejadian angin puting beliung yang melanda wilayah Kelurahan Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa siang berdampak pada kerusakan puluhan rumah warga di daerah tersebut.

Kepala Desa Selopamioro, Sugeng di Bantul, mengatakan, puluhan rumah warga yang rusak terdampak bencana tersebut tersebar di empat pedukuhan yaitu Dusun Kalidadap I, Kalidadap II, dan Dusun Srunggo I, serta Srunggo II.
 

4. Pemkab Kudus apresiasi temuan spesies endemik cicak batu muria

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengapresiasi tim peneliti yang menemukan spesies endemik asal Gunung Muria, cicak batu muria, dengan habitat di sungai dan perkebunan kopi.

"Dengan adanya temuan dari tim peneliti Green Community Universitas Negeri Semarang (Unnes) berkolaborasi dengan Muria Research Center (MRC) ini, tentunya menjadi keanekaragaman flora di lereng Pegunungan Muria Kudus," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemulihan Kerusakan Lingkungan Hidup (PKPLH) Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus Apriliana di Kudus, Selasa.
 

5. BMKG: Gempa di luar zona subduksi selatan Jatim patut diwaspadai

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan bahwa gempa yang terjadi di luar zona subdiksi selatan Jawa Timur patut untuk diwaspadai.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dikonfirmasi di Jakarta, Selasa mengatakan gempa selatan Jember Jawa Timur berkekuatan magnitudo 6,0 dengan kedalaman 10 km merupakan jenis gempa di luar zona subduksi, atau populer disebut 'outer rise earthquake' akibat patahnya lempeng Australia yang mulai menunjam ke bawah Jawa Timur.

Pewarta: Indriani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022