Marilah kita kuatkan dan teguhkan tekad serta itikad kita untuk mempercepat penyelesaian isu-isu strategis di Kawasan Perkotaan Jabodetabekpunjur.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto mengajak serta mendorong anggota Tim Koordinasi Penataan Ruang (TKPR) Jabodetabekpunjur termasuk kementerian yang dipimpinnya untuk mempercepat penyelesaian isu-isu strategis di kawasan tersebut.

Hadi Tjahjanto yang juga Ketua Tim Koordinasi Penataan Ruang (TKPR) Jabodetabekpunjur (Jakarta, Bogor, Fepok, Tangerang, Bekasi  Cianjur) , melalui sambutannya dalam Rapat Koordinasi TKPR Jabodetabekpunjur yang digelar di Jakarta, Rabu, memberikan tiga catatan terkait hal tersebut, pertama langkah kolaboratif seluruh pemangku kepentingan untuk menyelesaikan isu-isu strategis secara tuntas melalui rencana aksi untuk tiap-tiap isu strategis.

Kedua, terkait kebutuhan pembiayaan untuk menjawab shopping list pada rencana aksi untuk tiap-tiap isu strategis tersebut
perlu disediakan alternatif dan inovasi pembiayaannya.

Baca juga: Menteri ATR/BPN ungkap tiga masalah mendasar di Jabodetabekpunjur

Terakhir yakni sinergitas dan sinkronisasi investasi dan intervensi baik di tingkat pusat dan daerah adalah suatu prasyarat mutlak untuk penyelesaian isu-isu strategis yang bersifat tuntas dan menyeluruh.

"Marilah kita kuatkan dan teguhkan tekad serta itikad kita untuk mempercepat penyelesaian isu-isu strategis di Kawasan Perkotaan Jabodetabekpunjur," paparnya.

Sebagai upaya kolaboratif, Hadi mengajak para stakeholders yang berkaitan dengan masing-masing isu-isu strategis agar dapat meninjau ke lapangan sehingga dapat segera mengimplementasikan aksi atau langkah nyata untuk selanjutnya.

Baca juga: Menteri Hadi tegaskan kebijakan soal redistribusi tanah untuk rakyat

Kawasan perkotaan Jabodetabekpunjur memiliki beberapa isu strategis utama yang
magnitudonya semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan metropolitan itu
sendiri.

Isu strategis yang dimaksud antara lain, banjir, transportasi dan kemacetan, persampahan dan sanitasi, permukiman kumuh, pengembangan wilayah, pesisir dan pantai utara, mitigasi bencana dan penataan kawasan hulu, serta penyediaan air baku dan air minum.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022