Madiun (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi Festival Inovasi Desa Jawa Timur 2022 untuk mempromosikan kemajuan dan pembangunan desa.

"Saya sangat mengapresiasi Festival Inovasi Desa Jawa Timur 2022. Kegiatan ini sekaligus untuk ajang promosi inovasi pemerintah desa di Jatim kepada masyarakat luas, termasuk ajang simulasi, berbagi pengalaman, dan pengetahuan terkait inovasi sehingga terjadi pemerataan dan pengembangan inovasi desa se-Jatim," ujarnya saat membuka Festival Inovasi Desa Provinsi Jawa Timur 2022 di Alun-Alun Reksogati Kabupaten Madiun, Rabu.

Menurut dia, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kapasitas dan membentuk karakter pamong desa untuk terus menciptakan inovasi sesuai karakteristik desa masing-masing sehingga dapat menarik investor dan minat wisatawan untuk berkunjung ke desa yang muaranya menambah investasi dan pendapatan asli daerah (PAD) desa.

"Festival ini dapat mengekspos inovasi pelayanan di Jawa Timur dan dapat menginspirasi desa-desa lain agar dapat dirasakan masyarakat," kata dia.

Baca juga: Menpan RB paparkan program prioritas jalankan instruksi Presiden

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir mendampingi Menpan RB Azwar Anas menyatakan Festival Inovasi Desa Jawa Timur 2022 merupakan kegiatan penutup dari rangkaian Hari Ulang Tahun Ke-77 Provinsi Jawa Timur.

Ia mengatakan sejak Juli 2021 di Jatim sudah tidak ada lagi status desa tertinggal. Jatim memiliki 1.400 desa mandiri. Jumlah tersebut merupakan tertinggi nasional.

"Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik merupakan salah satu upaya mencari "best practice dari berbagai kabupaten/kota. Kemudian, referensi dari berbagai inovasi kabupaten/kota akan terus dilakukan pendalaman secara detail agar direplikasi di tempat-tempat lain," kata Gubernur Khofifah.

Baca juga: Menpan RB luncurkan program "Pelabuan Cinta" MPP di Probolinggo

Pada kesempatan tersebut, Menpan RB menyerahkan penghargaan kepada peserta ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) Jawa Timur Tahun 2022.

Adapun penghargaan KOVABLIK diberikan kepada 32 bupati, wali kota, dan kepala OPD dengan kategori 30 umum, satu replikasi, dan satu khusus.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada tanggal 7-8 Desember 2022 itu diisi dengan pameran yang terdiri atas 50 stan, menampilkan beragam inovasi pemerintah kabupaten/kota, dan OPD di lingkungan Pemprov Jatim.

Selain Menpan RB dan Gubernur Jatim, hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa, para bupati/wali kota se-Jawa Timur, dan Staf Khusus Menpan RB Bidang Inovasi Pemerintahan Eri Irawan.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022