Jakarta (ANTARA) - Humpuss Maritim Internasional (HUMI) siap terus mendorong pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim di Tanah Air dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, mengatakan, upaya tersebut terlihat dari deretan bisnis perseroan yang saat ini aktif dijalankan di industri perkapalan. Hingga saat ini, HUMI tercatat memiliki sebanyak enam segmen usaha yang bergerak pada berbagai lini penting untuk memajukan industri kemaritiman.

Keenam segmen itu meliputi distribusi dan infrastruktur LNG, transportasi minyak, transportasi kimia, layanan aktivitas pelabuhan seperti pandu dan tunda kapal, penyediaan awak kapal, serta pendidikan maritim. Seluruh segmen usaha itu dijalankan HUMI melalui berbagai anak usahanya.

Baca juga: Humpuss raup pendapatan Rp363,33 miliar di kuartal I-2022

Seluruh segmen usaha tersebut pun masing-masing memiliki kontribusi untuk kemajuan industri maritim nasional yang berpotensi meningkatkan sumber pendapatan bagi negara.

"Hal itu dilakukan melalui segmen bisnis yang dijalankan mulai dari kebutuhan jasa sewa kapal, jasa shipping management hingga ketersediaan awak kapal termasuk pengembangan awak melalui Pusat Pelatihan Awak Kapal," ujar Tirta.

Tirta menyampaikan, upaya pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia membuat peluang bisnis di sektor kemaritiman terbuka lebar. HUMI akan fokus pada strategi peningkatan aset, pendapatan, sekaligus profit, dengan target pertumbuhan bisnis sebesar 20 persen setiap tahun.

Tak pelak, kehadiran HUMI di kancah industri kemaritiman Indonesia berperan penting untuk kemajuan perekonomian nasional, termasuk dalam hal penyerapan tenaga kerja. Melalui tata kelola perusahaan yang baik, HUMI berkomitmen terus menciptakan manfaat positif bagi para pemegang saham dan seluruh pemangku kepentingan di dalam ekosistem perseroan.

Baca juga: KPK panggil petinggi Humpuss Transportasi Kimia kasus bidang pelayaran

"Melalui proses kajian berkala, kami memastikan setiap kegiatan operasional anak usaha perseroan berjalan sesuai dengan rencana strategis perusahaan yang diterjemahkan antara lain dalam target tahunan," pungkas Tirta .

Pemerintah telah berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Komitmen tersebut mencuat mengingat Indonesia merupakan negara di dunia yang mayoritas wilayahnya atau sekitar 62 persen terdiri atas perairan. Kondisi geografis itu menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang terkenal kaya akan keanekaragaman sumber daya hayati laut.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang distribusi dan infrastruktur energi serta ekosistem pelabuhan dan kemaritiman, HUMI juga memberikan peranan yang penting dalam mewujudkan cita-cita mulia tersebut.

Misalnya pada pilar pertama dalam poros maritim dunia yang bertujuan membangun kembali budaya maritim di Indonesia. Peran itu wujudkan melalui langkah perseroan yang saat ini aktif memberikan informasi dan pengetahuan seputar industri kemaritiman melalui youtube.

Saat ini HUMI menjadi pengelola dari akun youtube bernama Lighthouse Seafarer Network. Kanal tersebut memberikan beragam informasi menarik seputar industri kemaritiman yang disajikan secara kekinian dalam format wawancara podcast.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022