Bawaslu, pengawas, itu bukan rival. Bawaslu, pengawas, itu bukan musuh.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Jakarta Selatan (Jaksel) Muchtar Taufiq mengatakan lembaganya yang bertugas mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu bukanlah musuh bagi peserta pemilu.

Dalam kegiatan fasilitasi sengketa pemilu itu, Bawaslu Jaksel mengundang partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024.

"Bawaslu, pengawas, itu bukan rival. Bawaslu, pengawas, itu bukan musuh. Bawaslu ataupun pengawas itu bukan yang harus ditakuti. Bukan," kata Muchtar, di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, yang harusnya dihindari justru praktik politik uang ketika ada tenaga pengawas di lapangan. "Yang menjadi tugas ketika ada pengawas di lapangan justru harus dihindari ngasih amplop dan sebagainya," ujarnya pula.

Muchtar menilai peserta pemilu cenderung menghindari pengawas pemilu, karena merasa takut akan keberadaannya. Padahal, lanjut dia, pemilu selalu digaungkan untuk diselenggarakan dengan riang gembira.

"Ketika ada pengawas di lapangan itu bukan artinya kita diawasi dan ditakut-takuti, bukan berarti pengawas di lapangan itu harus kita hindari," ujarnya.

Ia mengatakan sikap peserta pemilu yang cenderung menghindar dan tidak mengakomodir tenaga pengawas pemilu ketika di lapangan justru akan berpotensi menimbulkan persoalan.

"Karena kenapa? Dengan hadirnya pengawas di lapangan justru akan membantu peserta pemilu untuk melakukan kampanye, untuk melakukan sosialisasi dengan baik dan benar," ujarnya pula.

Selain itu, kata Muchtar, Bawaslu jugalah yang memiliki kewenangan untuk menyelesaikan sengketa pemilu dan aturan hukum terkaitnya. "Semua produk-produk hukum, semua produk-produk pemilu kami yang punya kewenangan di sana," ujarnya.

Dalam menyelesaikan sengketa antara peserta pemilu dengan penyelenggara pemilu, kata dia lagi, Bawaslu akan melakukan musyawarah terlebih dahulu. Apabila dalam musyawarah tersebut tidak mencapai mufakat, maka akan dilanjutkan pada sidang ajudikasi.

Muchtar pun berharap parpol calon peserta pemilu dapat berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak Bawaslu untuk menapatkan pemahaman lebih lanjut terkait sengketa kepemiluan guna mengantisipasinya pada Pemilu 2024 mendatang.

Fasilitasi sengketa pemilu yang digelar oleh Bawaslu Jakarta Selatan pada hari ini dihadiri oleh perwakilan delapan parpol calon peserta pemilu, yakni PKS, PKB, PPP, PAN, PBB, PSI, Partai Gelora, Partai Buruh, dan Partai Garuda.

Sedangkan perwakilan dari delapan parpol calon peserta pemilu lainnya yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi akan mengikuti kegiatan fasilitasi sengketa pemilu oleh Bawaslu Jakarta Selatan pada esok hari, Senin (12/12).
Baca juga: Gakkumdu Jakarta Selatan deklarasi siap tegakkan keadilan Pemilu 2024
Baca juga: Bawaslu Jakarta Selatan gelar fasilitasi sengketa pemilu dengan parpol

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022