Kupang (ANTARA) - Kementerian Kesehatan RI telah membangun tiga rumah sakit Pratama di tiga daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur guna mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Melalui perjuangan yang dilakukan Komisi IX DPR-RI sehingga bisa dibangun tiga rumah sakit Pratama di NTT, sebagai anggota DPR-RI dari daerah pemilihan NTT tentu sangat serius dalam perjuangan pembangunan fasilitas kesehatan di NTT," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena dalam kegiatan sosialisasi fasilitas pelayanan kesehatan bersama Direktorat Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI di Kupang, Senin.

Dia menjelaskan tiga rumah sakit Pratama yang telah direalisasikan pembangunannya oleh Kementerian Kesehatan RI pada 2022 yaitu Rumah Sakit Pratama di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Kabupaten Manggarai di Kecamatan Reok.

Dia menjelaskan proses pembangunan tiga rumah sakit Pratama di tiga kabupaten itu sudah hampir rampung sehingga diharapkan pada 2023 sudah bisa dimanfaatkan setelah sarana dan prasarana siap digunakan.

Baca juga: Legislator: RS pratama bakal dibangun di perbatasan NTT-Timor Leste

Sementara satu rumah sakit Pratama yang gagal dibangun pada 2022 berlokasi di Kabupaten Ende, Pulau Flores karena gagal tender.

"Kami tidak mengerti mengapa sampai terjadi gagal tender terhadap pembangunan rumah sakit Pratama di Pulau Ende yang sangat membutuhkan fasilitas kesehatan yang memadai," katanya.

Emanuel Melkiades Laka Lena menyayangkan terjadinya gagal tender pembangunan rumah sakit Pratama di Kabupaten Ende itu.

"Kami juga bingung kok bisa terjadi gagal tender untuk proyek pembangunan rumah sakit Pratama itu, padahal untuk memperjuangkan pembangunan rumah sakit itu sangat susah," kata dia.

Dia menambahkan Kemenkes RI juga akan menambahkan pembangunan rumah sakit Pratama di Provisi Nusa Tenggara Timur pada 2023 sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang berada jauh dari pusat pemerintahan kabupaten setempat bisa terlayani dengan baik.

Baca juga: RS Pratama dan Puskesmas Jetis jadi "Rabies Center" di Yogyakarta
Baca juga: Rumah sakit pratama diresmikan di perbatasan Kalbar

 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022