Jakarta (ANTARA) - Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta berharap tim sepak bola U-12 NYXS Dream Team Indonesia banyak belajar saat turun pada turnamen Tic Tac Cup 2022 di Barcelona, Spanyol, 16-18 Desember.

Hal tersebut di sampaikan Raden Isnanta di sela pelepasan tim di Kantor PPITKON Kemenpora, Jakarta, Senin. Apalagi keberangkatan tim muda yang didukung Kemenpora dan BLiSPI adalah yang pertama ke Negeri Matador.

"Sepanjang melepas tim muda, baru kali ini ke Spanyol. Dalam pengembangan pemain muda, kiblat kita Spanyol sebagaimana yang dikembangkan di Filanesia. Jadi ini sejalan dengan kurikulum yang dikembangkan," kata Raden Isnanta.

Lanjut Isnanta, selama di Barcelona diharapkan banyak belajar terkait budaya sepak bola di sana. Misalnya bagaimana bangun komunikasi dengan anak didik, lalu diskusi bagaimana bangun tim usia muda. Hingga bagaimana waktu istirahat pemain bola dan cara makan terutama kadarnya.

"Jadi oleh-olehnya saat pulang nanti diharapkan bawa ilmu keterampilan. Termasuk tingkat disiplinnya karena kalau hanya dapat menangnya, besok-besok bisa kalah lagi," kata Raden Isnanta menambahkan.

Baca juga: NYXS Dream Team Indonesia tak ingin numpang lewat di Barcelona

Pada pelepasan tim tersebut juga dihadiri perwakilan BLiSPI Teguh Rahardjo dan Bagja Suihan, Direktur NYXS ASEAN Khairul Asyraf, manajer tim Jaelani Saputra dan Yessi Yunita. Kemudian Pelatih Kepala Usman Halik dan asisten pelatih Mohd Firdaus serta 12 pemain yang akan berangkat ke Barcelona dan perwakilan orang tua.

Di Tic Tac Cup 2022 nanti, NYXS Dream Team Indonesia tergabung di Grup B bersama Barcelona FC, Benfica, dan RC Deportivo. Jika lolos ke fase berikutnya, bisa ketemu Paris Saint-Germain ataupun Real Madrid.

Direktur ASEAN NYXS Khairul Asyraf mengaku senang dengan sambutan dari BLiSPI, masyarakat dan Pemerintah Indonesia. Apalagi 12 pemain yang terpilih ke Barcelona adalah hasil dari Seri Nasional kompetisi NYXS BLiSPI Cup 2022.

"Impian NYXS adalah jadi jembatan anak-anak yang hobi olahraga di Indonesia. Di Barcelona nanti, kami tidak punya target secara tim, kalaupun nanti juara, itu bonus karena ke Barcelona ini untuk menambah pengalaman dan pelajaran. Apalagi ini tim termuda yang keluar negeri ke Eropa dalam sejarah sepak bola Indonesia. Tentu NYXS bangga," kata Asyraf.

Baca juga: Menpora dorong kompetisi sepak bola Indonesia kembali bergulir

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022