Gempa bumi adalah peristiwa yang berulang, akan terjadi lagi namun waktunya kita tidak tahu kapan
Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengapresiasi relawan yang bertugas dalam penanggulangan gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan mengucapkan terima kasih yang luar biasa untuk relawan yang terlibat dalam penanganan gempa itu.

"Ucapan terima kasih yang luar biasa, setiap kejadian bencana relawan selalu hadir," ujar Lilik saat di Cianjur, Jawa Barat, dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa.

Lilik mengatakan relawan sebagai mitra BNPB sekaligus sebagai pemberi informasi di lapangan sehingga BNPB dapat mengambil langkah strategis untuk merespons informasi yang diberikan. BNPB banyak mendengar langsung dari relawan terkait penanganan gempa Cianjur.

Baca juga: BNPB salurkan dana stimulan untuk 8.341 KK penyintas gempa Cianjur

Baca juga: BNPB targetkan relokasi warga terdampak gempa Cianjur Juni 2023


Ia menambahkan bahwa kejadian bencana dapat dijadikan pembelajaran agar ke depan penanganannya menjadi lebih baik.

Lilik menjelaskan sebagian bencana merupakan peristiwa yang berulang, semua unsur diharapkan dapat mempelajari daerah mana saja yang rawan, sebagai upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

"Gempa bumi adalah peristiwa yang berulang, akan terjadi lagi namun waktunya kita tidak tahu kapan," kata dia.

Berdasarkan data yang dihimpun dari laman deskrelawanpb.bnpb.go.id per Senin (12/12) pukul 11.00 WIB, terdapat 7.744 personel relawan dari 555 lembaga dan terbagi dalam 15 sektor yang terlibat dalam penanganan gempa Cianjur.

Baca juga: BNPB sarankan pencarian korban gempa Cianjur diperpanjang hingga Sabtu

Baca juga: BMKG sarankan 1.800 rumah di Cianjur direlokasi dari Patahan Cugenang

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022