Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Kanada untuk Indonesia Nadia Burger menyatakan bahwa Kanada berupaya bersama dengan Indonesia untuk membangun stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik.

"Kawasan ini sangat penting bagi kami dan kami ingin memberikan banyak penekanan dan prioritas pada hal ini. Jelas mengenai masalah pertahanan dan keamanan, kami ingin bekerja sama untuk perdamaian dan stabilitas di kawasan," kata Nadia Burger dalam wawancara khusus dengan ANTARA di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, Pemerintah Kanada menganggap Indo-Pasifik sebagai kawasan yang sangat penting dan berpengaruh bagi kepentingan negara itu, termasuk dalam hal ekonomi.

"Kawasan Indo-Pasifik dan negara-negara di kawasan tersebut, termasuk Indonesia, memiliki dampak penting bagi kepentingan Kanada, terhadap perekonomian kami sehingga kami perlu hadir dan terlibat dengan semua negara di kawasan tersebut," ujarnya.

Kanada baru-baru ini meluncurkan Strategi Indo-Pasifik untuk mendukung pertumbuhan, kemakmuran, dan keamanan jangka panjang bagi rakyat Kanada.

"Ini adalah strategi yang sangat penting ... terutama dalam hal keterlibatan kami (Kanada) di kawasan Indo-Pasifik dalam jangka panjang," ucap Burger.

Mengingat pentingnya kawasan Indo-Pasifik, dia lebih lanjut mengatakan, Kanada akan menerapkan nilai-nilai seperti penghormatan terhadap supremasi hukum dan sistem internasional berbasis aturan dalam keterlibatan negara itu di kawasan.

"Kami menekankan pentingnya supremasi hukum dan sistem internasional berbasis aturan yang benar-benar telah menjadi sumber bagi kemakmuran kita di kawasan ini dan secara global," katanya.

Untuk itu, lanjut Burger, Kanada akan terlibat dalam upaya untuk mempromosikan dan melindungi nilai-nilai tersebut dalam hubungan dengan semua negara di kawasan.

"Aturan hukum dan sistem internasional, ini adalah nilai-nilai penting yang harus diikuti negara-negara di kawasan (Indo-Pasifik) untuk terciptanya perdamaian dan stabilitas," ujarnya.

Baca juga: Mendag Kanada kunjungi Indonesia, tingkatkan hubungan di Indo-Pasifik
Baca juga: Dubes: Kunjungan kapal Winnipeg pererat hubungan Kanada-Indonesia
Baca juga: Kanada ingin perkuat hubungan dengan Indonesia dan ASEAN

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022