Penyerahan bantuan kemanusian itu diterima Kepala Desa Limbangan Sari Kecamatan Cianjur, Akhmad Sudrajat
Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd. Jahari Sitepu menyerahkan bantuan kemanusiaan  senilai Rp75 juta yang dihimpun dari 30 satuan kerja se-Riau guna meringankan beban korban gempa Cianjur Jawa Barat.

"Gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter itu mengguncang Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11) 2022 dan berdampak terhadap berbagai kerusakan dan korban jiwa," kata Jahari di sela penyerahan bantuan secara langsung di Kecamatan Cugenang, Cianjur seperti dilaporkan Koko Syawaludin, Humas Kanwil Kemenkumham Riau di terima ANTARA Riau, Selasa.

Penyerahan bantuan kemanusian itu diterima Kepala Desa Limbangan Sari Kecamatan Cianjur, Akhmad Sudrajat, dan disaksikan Babinsa Sertu Erwin Setiawan dari Koramil Kota Kodim 0608/Cianjur beserta masyarakat sekitar, Selasa (13/12) siang.

Ia mengatakan Kecamatan Cugenang, Cianjur menjadi pusat terjadinya gempa dan terdampak paling parah.
Berdasarkan data resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, tercatat ada 22.198 rumah yang rusak, dengan 12 ribu di antaranya rusak berat.


"Prihatin terhadap musibah yang menimpa saudara sebangsa dan setanah air itu maka mendorong jajaran Kemenkumham Riau tergerak untuk mengumpulkan bantuan," katanya.

Tercatat korban jiwa Gempa Cianjur saat ini mencapai 334 jiwa, dan 8 orang dikabarkan masih hilang.

Luka berat 593 orang, yang dirawat di semua RS berjumlah 49 orang korban luka berat. Telah dibentuk 494 titik pengungsian, dengan rincian 375 titik pengungsian pemerintah dan sebanyak 119 titik pengungsian mandiri.

Akhmad Sudrajat menyatakan dan terima kasih atas bantuan yang diberikan dan meminta Kepala Kanwil kemenkumham Riau Mhd Jahari Sitepu untuk menyampaikan salam kepada seluruh jajaran Kemenkumham Riau.
"Mohon doanya agar masyarakat Cianjur sabar dan ikhlas menghadpi musibah ini. Dan doakan juga agar Indonesia terhindar dari berbagai musibah, bencana dan marabahaya," katanya.

Mhd Jahari Sitepu pada kesempatan itu meminta jajaran Kemenkumham Riau mendoakan keselamatan masyarakat Cianjur dan Indonesia.

"Bantuan ini merupakan bentuk empati dan kepedulian kami kepada masyarakat Cianjur yang merupakan saudara sebangsa kami. Mohon jangan dilihat dari jumlahnya, tapi lihatlah dari keihklasan dan kecintaan kami kepada saudara-saudara setanah air. Semoga Allah SWT melindungi kita semua, Aamiin," kata Jahari.

"Terima kasih juga kepada seluruh jajaran Kemenkumham Riau yang telah menyisihkan sedikit rezekinya untuk membantu sesama yang tertimpa musibah," demikian Jahari. 
Baca juga: Kemenkumham Riau terima titipan tulang belulang harimau sumatera
Baca juga: Kemenkumham Riau mendeportasi WNA asal Singapura
Baca juga: Sebanyak 43 WN Bangladesh kembali diamankan di Rudenim Pekanbaru

Pewarta: Frislidia
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022