upaya mengenalkan musik angklung kepada generasi muda
Yogyakarta (ANTARA) - Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) yang ada di komplek Lanud Adisutjipto Yogyakarta membangkitkan semangat cinta Tanah Air bagi para pengunjung museum melalui permainan angklung, alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat.

"Selain untuk menghibur pengunjung museum, alunan lagu perjuangan dari angklung diharapkan bisa untuk membangkitkan semangat cinta Tanah Air bagi yang mendengarkan," kata pemain angklung, Firman di Muspusdirla, melalui pesan tertulis Humas Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Selasa.

Ada beberapa lagu perjuangan yang dimainkan dengan musik angklung secara apik di halaman depan museum itu, seperti lagu berjudul Maju Tak Gentar dan Halo-Halo Bandung.

"Bermain angklung di halaman Museum Dirgantara Mandala juga merupakan upaya mengenalkan musik angklung kepada generasi muda," katanya.

Selain lagu perjuangan, beberapa lagu populer juga dimainkan Firman dengan Angklung Saka Dirgantara Lanud Adisutjipto tersebut.

Baca juga: Jaksel ajak siswa ke Museum Satria Mandala untuk pelajari bela negara
Baca juga: Kamuspusdirla: Muspusdirla sarana transfer semangat para pejuang

Sementara itu, Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Yuto Nugroho merasa senang dengan kehadiran musik angklung di halaman Muspusdirla.

"Kehadiran musik angklung yang membawakan lagu-lagu perjuangan dan populer ini bisa menghibur pengunjung Muspusdirla," katanya.

Salah satu pengunjung Muspusdirla, Regina mengaku senang mendengarkan musik angklung. Apalagi setelah keliling melihat aneka koleksi museum, lalu istirahat dan duduk-duduk di kursi di halaman sambil mendengarkan lagu-lagu dari angklung.

"Senang berkunjung ke Museum, karena koleksinya lengkap, halamannya luas, bisa untuk istirahat berlama-lama," kata pelajar SMP Negeri 1 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat ini.

Baca juga: Pesawat karya Habibie akan dipamerkan di Museum Dirgantara Yogyakarta

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022