"Tentu perjuangan Bapak TT Suan menjadi bagian sejarah yang tidak terpisahkan ari tumbuh dan berkembangnya keluarga besar ANTARA Kalteng saat ini,"
Palangka Raya (ANTARA) - Insan LKBN ANTARA Biro Kalimantan Tengah mengunjungi salah satu perintis Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA di wilayah Kalimantan Tengah sebagai bentuk syukur pada peringatan HUT ke-85.

"Bapak TT Suan yang pernah menjadi wartawan koresponden LKBN ANTARA untuk pemberitaan Daerah Kalimantan Tengah," kata Kepala LKBN ANTARA Biro Kalteng Ulul Maskuriah di Palangka Raya, Selasa.

TT Suan yang juga pernah bekerja di Biro Humas Pemprov Kalteng itu juga memimpin LKBN Antara Biro Palangka Raya yang pertama mulai dari 1963-1966.

Pada kunjungan itu, Ulul yang didampingi sejumlah Insan ANTARA Kalteng menyampaikan apresiasi dan terima kasih, karena berkat perjuangan perintisannya, ANTARA Kalteng terus dapat maju dan berkembang.

"Tentu perjuangan Bapak TT Suan menjadi bagian sejarah yang tidak terpisahkan ari tumbuh dan berkembangnya keluarga besar ANTARA Kalteng saat ini," katanya.
 
Dia pun berharap, kunjungan dan silaturahmi tersebut akan semakin mencerahkan dan memberikan semangat para insan ANTARA Kalteng saat ini untuk terus maju dan berkarya dalam menyebarluaskan program pembangunan pemerintah daerah.
Insan ANTARA Biro Kalteng bersama janda wartawan RRI di Palangka Raya, Selasa (13/12/2022). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangkaian acara HUT ke-85 LKBN ANTARA. (ANTARA/ANTARA Kalteng)
Pada kunjungan itu, TT Suan yang didampingi istri beserta anak dengan bersemangat menceritakan sejarah berdirinya LKBN ANTARA Biro Kalteng.

"Saat itu, saat masih di Biro Humas saya sekaligus menjadi koresponden pertama ANTARA. Saat itu namanya belum ANTARA Kalteng tetapi ANTARA Palangka Raya," kata TT Suang yang saat ini telah berusia 89 tahun itu.

Salah satu alasan dibentuknya ANTARA Biro Palangka Raya sebagai upaya mempermudah dan mempercepat informasi pembangunan yang dilakukan pemerintah. Apalagi saat itu, Provinsi Kalimantan Tengah juga baru saja pemekaran dari Provinsi Kalimantan Selatan.

"Karena belum ada kantor, maka saat itu saya juga meminta bapak Gubernur Kalteng untuk membangun dan menyiapkan kantor ANTARA. Disamping itu saya bersama rekan juga merintis PWI Kalteng serta meminta beliau membangun kantor untuk PWI Kalteng," kata dengan nada tegas.

Sembari duduk di kursi dan ditemani sang istri, TT Suan mengaku gembira bahwa saat ini apa yang diperjuangkannya masa itu terus maju dan berkembang.

"Saya merasa senang, saat ini media di Kalteng terus berkembang," katanya sembari cerita masa perjuangan yang diselingi senyum dan tawa.

Kunjungan insan ANTARA Kalteng ke kediaman TT Suan itu juga dirangkai dengan kunjungan ke sejumlah janda wartawan serta mengunjungi keluarga mantan personel ANTARA Kalteng yang telah meninggal dunia.

Pada kegiatan ini, ANTARA Kalteng turut memberikan taliasih yang merupakan salah satu bentuk kepedulian dan kehadiran ANTARA di HUT ke-85.
Baca juga: Wartawan ANTARA Kalteng juara II lomba berita TNI Membangun Desa
Baca juga: ANTARA-Pemkab Seruyan perkuat kerja sama penyiaran program pemerintah
Baca juga: LKBN ANTARA-Radar Sampit tingkatkan sinergi diseminasi informasi

 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022