Jakarta (ANTARA) - Selama Selasa (13/12), berbagai peristiwa politik telah diberitakan Kantor Berita Antara mulai penerbitan Perppu Pemilu empat provinsi baru di Papua hingga Laksamana Yudo Margono ditetapkan sebagai Panglima TNI.

Berikut rangkuman berita politik kemarin yang layak disimak pagi ini.

1. Jokowi terbitkan Perppu Pemilu terkait empat provinsi baru di Papua

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2022 yang di antara ketentuannya mengatur dampak pembentukan empat provinsi baru di Papua terhadap Pemilu 2024.

Selengkapnya di sini

2. Wapres Ma'ruf minta kebebasan pers disertai tanggung jawab sosial

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta kebebasan pers yang dimiliki media massa tetap disertai dengan tanggung jawab sosial dan tetap dalam koridor hak asasi manusia.

Selengkapnya di sini

3. Paripurna DPR sahkan Laksamana Yudo untuk ditetapkan jadi Panglima TNI

Rapat Paripurna DPR RI pada Selasa mensahkan Laksamana Yudo Margono yang telah diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR RI untuk ditetapkan sebagai Panglima TNI.

Selengkapnya di sini

4. Pengamat sebut pengaruh politik uang semakin kecil di Pemilu 2024

Pengamat politik Ray Rangkuti berkeyakinan bahwa pengaruh politik uang semakin kecil pada Pemilu 2024, sebab tingkat kecerdasan dan kesejahteraan pemilih semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Selengkapnya di sini

5. Presiden Jokowi bertolak ke Belgia untuk hadiri KTT ASEAN-EU

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan delegasi terbatas bertolak ke Brussel, Belgia, Selasa, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Uni Eropa dalam rangka peringatan 45 tahun hubungan antara dua kawasan itu.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022