Untuk Nataru kita siapkan Rp1,3 triliun di Kepri, mayoritas di Batam dan sudah di tarik Rp866 miliar. Dari Rp1,3 triliun itu, 85 sampai 90 persen untuk Batam
Batam (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau menyiapkan dana sebesar Rp1,3 triliun untuk perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di wilayah setempat.

Kepala Perwakilan BI Kepri Musni Hardi K. Atmaja di Batam, Rabu mengatakan sebanyak 85 hingga 90 persen uang tersebut diperuntukkan di Kota Batam.

Ia menyebutkan uang yang disiapkan oleh BI Kepri dinilai cukup untuk masyarakat Kepri khususnya Kota Batam menjelang perayaan itu.

"Untuk Nataru kita siapkan Rp1,3 triliun di Kepri, mayoritas di Batam dan sudah di tarik Rp866 miliar. Dari Rp1,3 triliun itu, 85 sampai 90 persen untuk Batam," kata Musni dalam rapat koordinasi menjelang Nataru di Kantor Wali Kota Batam.

Ia menambahkan selain mempersiapkan kebutuhan uang tunai menjelang Natal dan Tahun Baru, pihaknya juga meminta kepada Pemerintah Kota Batam untuk memastikan proses bongkar muat bahan pangan di beberapa pelabuhan berjalan dengan lancar.

Hal tersebut sebagai salah satu upaya dalam menekan angka inflasi akhir tahun serta memastikan kebutuhan bahan pangan masyarakat tetap terpenuhi.

Musni menyebutkan saat ini angka inflasi di Kota Batam mencapai 4,76 persen.

"Kami juga konsen dengan inflasi, barangkali bisa ditindak lanjut untuk kelancaran bongkar muat bahan pokok. Mudah-mudahan tidak terganggu dengan meningkatnya arus penumpang," ujar dia.

"Kami berharap inflasi Batam pada Desember ini tidak lebih dari 1 persen. Kalau nambah 1 persen kita jadi 5,8 persen. Jadi kami berharap bisa kita jaga inflasinya di bawah 1 persen," kata Musni.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi juga meminta kepada pemangku kebijakan yang berada di kawasan bongkar muat bahan pangan dapat mempermudah proses tersebut.

"Saya titip kepada Angkatan Laut dan KSOP tolong dipermudah, sehingga sampai Januari tidak ada kendala tentang inflasi ini," kata Rudi.

Baca juga: BI siapkan uang tunai Rp2,11 triliun untuk Ramadhan di Kepri

Baca juga: BI: Ekonomi Kepri 2022 diperkirakan tumbuh 3,7-4,5 persen


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022