Ini sudah ada persetujuan dari Duta Besar KJRI di Amsterdam bisa diisi outlet dari kita.
Garut (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, sedang mempersiapkan tempat atau 'outlet' yang khusus menjual produk khas dari kabupaten ini di Amsterdam, Belanda, dalam rangka memenuhi permintaan pasar sekaligus memperluas pemasaran produk di Eropa.

"Ini sudah ada persetujuan dari Duta Besar KJRI di Amsterdam bisa diisi outlet dari kita," kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Rabu.

Ia menuturkan Pemkab Garut terus berupaya  produk unggulan dari Garut terus berkembang, dan bisa menembus pasar mancanegara.

Baca juga: KemenKopUKM ajak masyarakat desa kembangkan produk unggulan

Upaya yang sudah dilakukan, kata dia, dengan sering mengikuti pameran tingkat internasional, seperti baru-baru ini dilaksanakan di Italia dan juga saat G20 di Bali.

"Jadi ada kesempatan untuk go international," katanya.

Ia menyampaikan kabar terbaru saat ini yakni produk khas Garut mulai dari kuliner maupun fesyen mendapatkan kesempatan untuk memperluas pemasaran dengan disiapkan tempat khusus di Amsterdam. "Nanti UKM kita 'establish' sendiri," kata Rudy

Ia menyampaikan saat ini pemerintah daerah sedang dalam proses untuk merealisasikan tempat untuk memasarkan produk Garut yang ditargetkan sudah bisa digunakan pada pertengahan 2023.

"2023 mudah-mudahan ada kabar baik. Makanya kita akan ada perwakilan untuk ke sana," katanya.

Ia menambahkan setelah tempat tersebut tersedia, selanjutnya disiapkan pegawai yang didatangkan dari Garut, sedangkan produknya akan dikirim langsung dari pelaku usaha di Garut ke negara tersebut.

Baca juga: Menteri BUMN promosikan produk lokal unggulan di Future SMEs Village

Alasan disiapkan tempat produk khas Garut di negara itu, kata Rudy, karena ada nilai sejarahnya bagi orang-orang Belanda dengan daerah Garut, ada juga warga keturunan Garut di negara itu.

"Karena di Amsterdam juga ada orang Cinunuk (Garut) yang menikah dengan Marsekal," katanya.
 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022