Terjadi kenaikan kasus DBD di Kabupaten Asmat sehingga secara kumulatif kini menjadi 252 orang, tiga orang di antaranya meninggal
Jayapura (ANTARA) - Kasus deman berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua kembali naik setelah bertambah tiga orang sehingga secara kumulatif kini menjadi sebanyak 252 orang.
 
Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Asmat, Darsono saat dihubungi dari Jayapura, Rabu, mengakui terjadinya kenaikan kasus DBD di Kabupaten Asmat sehingga secara kumulatif kini menjadi 252 orang, tiga orang di antaranya meninggal.
 
Diakuinya bahwa memang sulit untuk memberantas penyebaran nyamuk aedes aegipty, sebagai penyebab DBD akibat kesulitan memperoleh air bersih.
 
"Selama ini untuk kebutuhan air bersih masyarakat lebih banyak menggunakan air hujan dengan menampungnya di bak-bak penampungan hingga ember atau baskom yang tidak memiliki penutup sehingga menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegipty," katanya.

Ia menjelaskan bahwa saat ini tercatat delapan orang yang terkena DBD, namun semuanya tidak ada yang dirawat di rumah sakit atau puskesmas dan kondisinya stabil.
 
Ketika ditanya upaya Dinkes mengatasi DBD, ia mengaku petugas kesehatan sudah menyebarkan obat abate ke masyarakat yang diharapkan dimasukkan ke dalam tempat penampungan air.
 
Selain itu petugas kesehatan juga aktif melakukan pengasapan atau fogging ke rumah dan kawasan yang ada warga terkena DBD.
 
"Begitu ada warga yang terjangkit maka wilayah di sekitar rumahnya akan langsung dilakukan pengasapan atau fogging, " demikian Darsono.

Baca juga: Sebanyak 120 warga Kabupaten Asmat terjangkit demam berdarah dengue

Baca juga: Dinas Kesehatan: 70 orang warga di Kabupaten Asmat terserang DBD

Baca juga: 37 orang terjangkit, Dinkes nyatakan KLB DBD di Kabupaten Asmat-Papua


 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022