Jakarta (ANTARA/JACX) – Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pada Oktober 2022, dideklarasikan sebagai calon presiden yang diusung Partai Nasdem pada Pemilu 2024.

Deklarasi itu pun sempat bergulir menjadi isu pengocokan ulang kabinet Indonesia Maju, terutama menyasar sejumlah menteri dan pejabat negara yang berasal dari Partai Nasdem.

Namun pada 11 Desember, beredar unggahan YouTube dengan narasi Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dari partai Nasdem, dipecat Presiden Joko Widodo.

Dalam tayangan video berdurasi 10 menit 10 detik itu, tampak Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengiringi Anies Baswedan dalam salah satu safari politiknya.

Unggahan video itu berjudul, "Uang Dan Fasilitas Negara Habis Di Pakai Untuk Kampanyekan Anies, Pak Jokowi Segera Pecat Menkominfo".

Video itu telah dilhat lebih dari 134 ribu kali hingga Rabu (14/12) malam.

Video serupa juga muncul di YouTube oleh akun yang sama pada 13 Desember 2022 dengan judul "Menteri Dari Nasdem Di Berhentikan Secara Tidak Hormat Karena Ikut Anies Kampanye, Presiden Marah!!"

Namun, benarkah Menkominfo dipecat karena mengikuti kampanye Anies Baswedan?

Unggahan video hoaks yang mengklaim Presiden Joko Widodo memecat Menteri Kominfo Johnny G. Plate karena mengikuti kampanye Anies Baswedan. Faktanya, tidak ada informasi resmi terkait pemecataan Menkominfo Johnny dalam unggahan tersebut. (YouTube)
Penjelasan:
Dalam video berdurasi 10 menit itu, tidak ada pernyataan dari Presiden Joko Widodo ataupun dari sumber resmi lain tentang pemecatan atau pemberhentian Menkominfo Johnny G. Plate.

Isi video itu juga tidak mendukung judul konten terkait pemecatan Menkominfo.

Narasi audio yang disertakan dalam unggahan di YouTube itu berasal dari situs Populis berjudul ‘Johnny G Plate Ikut Anies Kampanye di Papua, Loyalis Ganjar Murka: Memalukan! Gak Punya Etika Politik’.

Selain itu, terdapat pula konten dari situs RMOL.id dengan judul 'Berharap Tak Ada Lagi Polarisasi pada 2024, Johnny G Plate: Saatnya Berkompetisi dalam Harmoni’, serta dari Detikcom dengan judul ‘Relawan Usul Reshuffle ke Jokowi, Johnny Plate Enggan Urus Remeh Temeh’

Sampul unggahan video YouTube itu merupakan foto yang berasal dari RMOL.id, dalam konten berjudul ‘Dapat Sambutan Antusias di Medan, Anies: Serasa Pulang ke Kampung Sendiri‘.

Namun dalam konten RMOL.id, tidak terdapat keterangan tambahan yaitu "Pak Jokowi pecah Jhonny G".

Pada konten RMOL.id, foto yang menampilkan Anies itu memiliki keterangan, "Anies Baswedan sedang menyalami warga yang antusias menyambut kedatangannya di Kota Medan."

Dengan demikian, narasi bahwa Menteri Kominfo dipecat Jokowi karena ikut Anies Baswedan kampanye keliru.

Klaim: Menkominfo dipecat setelah ikut kampanye Anies
Rating: Hoaks/Salah

Cek fakta: Hoaks! Kemkominfo hapus sebagian situs-situs Islam

Cek fakta: Hoaks! Risma akan mundur sebagai Menteri Sosial

Baca juga: Menkominfo terima penghargaan Menteri Terbaik di Obsession Awards 2021

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2022