berupaya meningkatkan literasi masyarakat Indonesia dalam berbagai isu perempuan dan anak
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik kategori "Informatif" dan berada pada peringkat 4 besar dengan total nilai 98,85.

"Meningkatnya kategori Keterbukaan Informasi Publik KemenPPPA menjadi 'Informatif' merupakan pencapaian dan hasil kerja bersama seluruh jajaran," ujar Menteri Bintang Puspayoga dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Bintang Puspayoga mengatakan penghargaan ini adalah wujud komitmen KemenPPPA untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 dan peraturan lainnya.

Baca juga: Keterbukaan informasi badan publik tahun 2022 naik signifikan
Baca juga: PDIP dan Gerindra raih predikat parpol informatif terbaik

Bintang Puspayoga menambahkan ke depan pihaknya tidak hanya akan meningkatkan kualitas keterbukaan informasi publik KemenPPPA, tetapi juga mewujudkan pengembangan masyarakat yang informatif melalui berbagai platform.

"KemenPPPA tidak akan berhenti meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik, terutama bagi perempuan, anak, dan kelompok rentan lainnya. Kami juga akan berupaya meningkatkan literasi masyarakat Indonesia dalam berbagai isu perempuan dan anak, seperti isu peningkatan perekonomian perempuan, perlindungan perempuan dan anak dari kekerasan, dan pengasuhan anak," tutur dia.

Pihaknya meyakini keterbukaan informasi dan literasi merupakan salah satu cara untuk mewujudkan motto KemenPPPA, yakni "Perempuan Berdaya, Anak Terlindungi, dan Indonesia Maju".

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dilaksanakan setiap tahun oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) dengan tujuan untuk menilai kepatuhan Badan Publik, termasuk Kementerian terhadap peraturan dan Standar Layanan Informasi Publik.

KemenPPPA telah mengikuti proses Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik yang dilaksanakan sejak Agustus 2022.

Baca juga: Kementerian Pertanian raih kualifikasi kementerian informatif terbaik

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022