Jakarta (ANTARA) - Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel mengatakan TNI dan Polri adalah perekat kemajemukan Indonesia, sehingga harus terus bersinergi dan solid menjaga keutuhan NKRI.

Dalam upacara penutupan Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI dan Polri Tahun Anggaran 2022 di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal Surabaya, Jumat, Rycko menyebutkan kemajemukan Indonesia merupakan keniscayaan, ibarat mozaik yang bisa disatukan menjadi sebuah keindahan.

“Keindahan daripada berbagai perbedaan mozaik itu harus diikat dengan bingkai yang kuat dengan perekat yang kuat dan perekat itu TNI dan Polri,” kata Rycko dalam keterangan tertulisya.

Diklat Integritas TNI dan Polri diikuti peserta sebanyak 476 orang terdiri atas Maba TNI 356 orang, siswa Polri 100 orang, Maba Kowal 20 orang.

Di hadapan para peserta diklat, jenderal bintang tiga itu, mengingatkan tugas yang diemban oleh TNI dan Polri tidak ringan, tapi merupakan tugas yang mulia menjaga keutuhan NKRI dengan segala kemajemukannya.

Oleh karena itu, ia menegaskan perbedaan harus ada alat, harus ada organ yang diberi kepercayaan untuk menjaga perbedaan itu. Untuk menjadi perekatnya untuk menjadi bingkainya.

Ia berpesan bingkai pemersatu Indonesia (TNI-Polri) tidak boleh pecah, tidak boleh retak apalagi mudah dipecah bela, mudah diadu domba.

“TNI-Polri pasti bisa menjaga negeri yang baik ini, negeri kita yang kita cintai secara bersama sama. Tolong kami diingatkan, anak anak kami diingatkan kami terus diberikan bimbingan melalui ajaran agama yang baik untuk mencintai negerinya dan rakyatnya," kata Rycko.

Usai upacara ditandai dengan penanggalan tanda peserta Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI dan Polri TA 2022 oleh Kalemdiklat Polri secara simbolis.

Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan yel-yel oleh peserta Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI dan Polri TA 2022. Yel-yel tersebut menunjukkan bentuk sinergitas dan kolaborasi antara TNI Polri dalam menjaga keutuhan NKRI.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Waka Polda Jawa Timur, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo,, Dankakodiklatal, Wadankodiklatal, PJU Lemdiklat Polri, Seklem AAL, Kapoksahli Koarmada II, Aspers Kasdam V/Brawijaya, PJU Kodiklatal, PJU Polda Jatim, PB SDM Prov. Jatim, Wadanpasmar 2, Aspotmar Lantamal V, Kadisops Danlanud Muldjono, Kapolres Pelabuhan Tj. Perak, Ketua PGI Jatim, Ketua Walubi Jatim, PBNU Jatim serta PDHI Jatim.

Baca juga: Mabes Polri pastikan polemik intel tak ganggu kebebasan pers di Jateng
Baca juga: Kapolri pastikan kelancaran lalu lintas saat Natal dan Tahun Baru


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022