Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa hukum mewarnai pemberitaan nasional, Jumat (16/12) kemarin, mulai dari pasal hukuman mati dalam KUHP hingga Operasi Lilin 2022 melibatkan 166.000 personel Polri.

Berikut lima berita hukum menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. ICJR nilai hukuman mati dalam KUHP baru sebuah langkah progresif

Institute for Criminal Justice Reform menilai penerapan hukuman mati yang termaktub dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) baru merupakan sebuah langkah yang cukup progresif.

"Ketika pidana mati dijatuhkan, mekanisme selalu ditunda 10 tahun untuk melihat perubahan perilaku dari terpidana," kata Direktur Eksekutif ICJR Erasmus Napitupulu dalam webinar bertajuk Penyiksaan dalam Praktik Pidana Mati di Indonesia: Satu Terlalu Banyak di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini

2. Pakar hukum jelaskan tujuan pemidanaan KUHP yang baru

Pakar hukum sekaligus guru besar hukum pidana dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Profesor Hakristuti Hakrisnowo, menjelaskan, tujuan pemidanaan yang diatur dalam KUHP yang baru saja disahkan pemerintah bersama DPR.

"Ini merupakan salah satu upaya untuk mengubah pola pikir penegak hukum agar tidak lagi mereka berpandangan retributif tetapi lebih ke rehabilitatif," kata dia, di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini

3. KSP tegaskan KUHP tidak bungkam demokrasi

Kantor Staf Presiden (KSP) menegaskan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tidak ditujukan untuk menjadi alat kekuasaan pemerintahan saat ini untuk membungkam demokrasi, melainkan sebagai sintesis pengalaman dan harapan demokrasi ke depan.

“KUHP tidak akan membungkam demokrasi. Formulasi KUHP terkait kebebasan berpendapat merupakan refleksi dari pengalaman kita berdemokrasi yang telah lalu sekaligus harapan keadaban berdemokrasi di masa depan,” kata tenaga ahli utama Kantor Staf Presiden, Sigit Pamungkas, dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini

4. Mabes Polri pastikan polemik intel tak ganggu kebebasan pers di Jateng

Mabes Polri memastikan polemik Iptu Umbaran Wibowo, wartawan TVRI Jawa Tengah (Jateng) yang diangkat menjadi Kapolsek Kradenan tidak menghambat atau mempengaruhi kebebasan pers di wilayah Jateng maupun di Kabupaten Blora.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, di Jakarta, Jumat, menyebutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda Jateng terkait tugas-tugas intelijen yang melibatkan Iptu Umbaran Wibowo.

Selengkapnya di sini

5. Polri gelar Operasi Lilin 2022 libatkan 166.000 personel

Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Listyo S Prabowo, mengatakan, mereka mengerahkan 166.000 polisi untuk mengamankan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, dalam operasi yang diberi sandi Operasi Lilin 2022.

"Saya kira secara menyeluruh 166.000 orang yang nanti akan diturunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan di kepolisian disebut dengan Operasi Lilin," kata dia, dalam konferensi pers usai rapat koordinasi lintas sektor kementerian/lembaga dalam rangka persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 di Mabes Polri, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022