Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan pihaknya konsisten mendukung keterbukaan informasi sebagai wujud transparansi dalam pelayanan bagi masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan seiring Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meraih predikat Badan Publik Informatif (BPI) dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 yang diinisiasi Komisi Informasi Pusat (KIP).

“Penghargaan ini menjadi sebuah sinyal dari kami yang menunjukkan semangat kami untuk terus memperbaiki diri, meningkatkan kinerja, pelayanan, dan tentunya prestasi. Kami berharap agar keberhasilan di ajang ini dapat menjadi tradisi dari tahun ke tahun dipertahankan bahkan ditingkatkan,” ujar Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, di Jakarta, Sabtu.

Penetapan Kemenparekraf meraih predikat BPI didasarkan atas monitoring dan evaluasi yang dilakukan dua tahap.

Pertama adalah tahap kuesioner dengan enam indikator penilaian, yaitu sarana prasarana, kualitas informasi, komitmen organisasi, digitalisasi, serta barang dan jasa. Kedua adalah tahap presentasi, di mana Kemenparekraf mempresentasikan pengelolaan informasi publik di depan dewan juri.

Baca juga: Sandiaga luncurkan Indeks Pembangunan Kepariwisataan Nasional

Selaku Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kemenparekraf, Sekretaris Kemeneparekraf Ni Wayan Giri Adnyani menyatakan raihan informatiif yang diperoleh menjadi bukti terciptanya koordinasi dan komunikasi dalam pengelolaan informasi publik yang dijalankan PPID. Mulai dari PPID Utama PPID Tingkat I, PPID Politeknik Pariwisata, dan PPID Badan Pelaksana Otorita.

“Kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia pengelola layanan informasi publik di Kemenparekraf akan rutin dilaksanakan ke depannya,” ucap Ni Wayan.

Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf selaku PPID Utama Kemenparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani mengungkapkan pihaknya dalam dua tahun berturut-turut meraih predikat informatif.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Kemenparekraf untuk menerapkan akuntabilitas, transparansi, dan keterbukaan informasi kepada seluruh masyarakat. Peningkatan pelayanan informasi publik tersebut dilakukan di berbagai platform digital dengan mengutamakan kecepatan dan ketepatan mendapatkan informasi publik yang dibutuhkan masyarakat, terutama pelaku parekraf,” ujarnya. 

Baca juga: Sandiaga targetkan libur Natal-Tahun Baru dongkrak kunjungan wisman

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022