Pangkalpinang (ANTARA) - Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik Arya Sinulingga meninjau asrama siswa penerima program Pemali Boarding School PT Timah Tbk di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagai komitmen perusahaan meningkatkan sumber daya manusia.

"Konsistensi PT Timah Tbk memberikan beasiswa pendidikan merupakan langkah awal untuk menyiapkan SDM unggul, berkualitas yang nantinya bisa mendukung pembangunan daerah ini," kata Arya Sinulingga di Pangkalpinang, Sabtu.

Baca juga: Stafsus BUMN: Kereta cepat jadikan Jakarta-Bandung sebagai komuter

Ia mengatakan, program Pemali Boarding School sudah sejak 2000 dilakukan PT Timah Tbk, sebagai bentuk konsistensi PT Timah Tbk untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan operasional perusahaan berplat merah itu.

"Pendidikan menjadi salah satu langkah untuk mempercepat peningkatan kualiatas SDM sehingga nantinya bisa memberikan perubahan bagi keluarga, lingkungan dan daerah ini," ujarnya.

Baca juga: Stafsus: Dukungan ADB merupakan penghargaan atas transformasi BUMN

Menurut dia banyak orang berubah, keluarganya berubah, kalau pendidikannya bagus. Ini langkah teman-teman PT Timah membuat boarding school untuk putra putri terbaik di Provinsi Babel. Ini adalah langkah terbaik mencari SDM terbaik di setiap kabupaten.

"Ini langkah simpel tetapi sebuat percepatan untuk mengubah wajah SDM Babel. PR berikutnya ialah, SDM yang lulus dari sini, sekolah ke luar lalu kembali lagi ke Babel untuk membangun daerah," katanya.

Baca juga: Stafsus BUMN imbau publik jangan "panic buying" terkait BBM subsidi

Ia juga berpesan kepada para siswa yang mendapatkan program ini agar memanfaatkan kesempatan ini. PT Timah Tbk kata dia telah membangun ekosistem lingkungan pendidikan yang harus dimanfaatkan para pelajar untuk meningkatkan kemampuannya.

"Kita harapkan mereka punya disiplin kuat, PT Timah membangun eksoistem lingkungan yang nyaman sehingga harus dimanfaatkan. Saya yakin, pasti 70 persen teman-teman yang ikut program ini pasti berhasil. Sayang kalau tidak dimanfaatkan dengan maksimal apa yang telah diberikan PT Timah," ucapnya.

Baca juga: Arya Sinulingga ungkap alasan BUMN tak jadi sponsor balapan Formula E

Salah satu penerima Program Pemali Boarding School PT Timah Tbk, Fatir mengaku senang bisa berdialog dengan Arya Sinulingga, kata dia meskipun singkat Arya telah memberikan motivasi bagi mereka untuk bisa menembus perguruan tinggi negeri.

"Senang bisa ngobrol langsung dengan Staf Khusus Menteri, beliau tadi bilang bagaimana kami juga harus punya strategi agar bisa lolos perguruan tinggi dan bisa ikut memberikan perubahan bagi kehidupan kami sendiri," ucap Fatir beserta rekan-rekannya. ***3***

Baca juga: Stafsus Menteri BUMN usulkan penghitungan ulang harga Pertamax
Baca juga: Stafsus Menteri BUMN sebut negara untung lepas saham Bandara Kualanamu

Pewarta: Aprionis
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022