Jambi (ANTARA) - Tim dayung Jambi meraih enam medali emas, dua perak dan delapan perunggu dalam Kejuaraan nasional (Kejurnas) dayung junior di Situ Cipule Karawang pada 6-17 Desember 2022.

Ketua Umum Pengurus provinsi Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (Pengprov Podsi) Jambi, Hasan Mabruri melalui keterangan resminya yang diterima Sabtu, mengatakan, Jambi yang mengirimkan 40 atlet juniornya pada Kejurnas tahun ini mampu meraih enam emas dan sudah melebih target dimana tim ditargetkan hanya dua medali emas.

Keenam medali emas Jambi diraih dari atlet putri nomor rowing perorangan dan pasangan atas nama Tiara Rahma Putri di nomor tunggal dan di pasangan kembali Tiara Rahma Putri berpasangan sama Yuni Putri jarak 2.000 meter.

Atlet Tiara adalah peraih medali perak PON dan emas di SEA Games lalu dan merupakan atlet nasional yang masih usia muda dan kini menjadi andalan Jambi untuk PON 2024 Aceh-Medan.

“Saya berharap Tiara dan Yuni juga bisa tetap mempersembahkan medali emasnya pada PON mendatang,” kata Hasan Mabruri.

Kemudian atlet Jambi yang sumbang emas ada pada dinomor canadian putri jarak 500 meter atas nama atlet Devi dan Anci, kemudian kayak perorangan putra 200 meter atas nama Subhi dan kemudian dua medali emas pada nomor dragon boat mix jarak 1.000 meter dan mix 20 pendayung jarak 500 meter putra.

Sedangkan medali perak diraih lewat atlet canoe peorangan putri jarak 200 meter dan dragon boat terdiri atas 20 pendayung putri, sementara itu lima medali perunggunya dimeraih oleh canoe perorangan putra jarak 1.000 meter, canoe double putra 500 meter dan dua medali lagi dinomor dragon boat jarak 1.000 meter putra dan dragon boat 1.000 meter putri mix 20 pendayung.

Dia menyatakan bangga atas raihan prestasi tim dayung junior Jambi pada kejurnas tahun ini dan ini adalah modal utama Jambi kedepannya untuk bisa terus meningkatkan pembinaan cabang dayung agar bisa berprestasi pada pentas nasional dan internasional.

Ke depan pembinaan Pengrov Podsi Jambi akan lebih fokus kepada mereka atlet junior yang telah berprestasi di pentas nasional dan modal atlet muda masa depan cabang dayung Jambi akan bisa lebih berprestasi.

 

Baca juga: PODSI gelar Kejurnas Dayung untuk seleksi atlet SEA Games, Asian Games
Baca juga: Rowing Indonesia raih 1 emas dan 3 perunggu di Kejuaraan Asia 2022
Baca juga: DKI kemarin, Festival Dayung Ciliwung hingga cuaca ekstrem


 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022