Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) terus mempersiapkan lulusan kampus tersebut agar dapat terserap dunia usaha dan dunia industri baik yang ada di tingkat nasional maupun internasional.

Rektor UNP Prof Ganefri saat Wisuda Ke-129 UNP di Padang, Sumatera Barat, Minggu, mengatakan transformasi pendidikan tinggi bertujuan menghasilkan lulusan berdaya saing global sesuai dengan perkembangan teknologi dan peradaban yang merupakan manifestasi dunia kerja sesuai dengan kemampuan dan keterampilan.

"Pada wisuda kali ini ada 1.984 lulusan yang menyelesaikan pendidikan mereka baik sebagai sarjana, magister, dan doktor," katanya

Menurut dia, UNP melakukan revitalisasi kurikulum yang berlandaskan keterampilan dan kompetensi yang harus dimiliki calon lulusan.

Baca juga: UNP jalin kerja sama Kementerian ESDM bangun energi baru terbarukan

Ia mengatakan universitas perlu menjamin kualitas lulusan melalui capaian segitiga mutu yakni universitas perlu menetapkan standar penerimaan yang bertujuan menjaga kualitas input dengan mahasiswa berkaliber dan berkualitas tinggi.

Kemudian menyediakan kurikulum yang mampu memberi ruang refleksi dan pengembangan sesuai perkembangan teknologi dan sains, serta menerapkan skema hasil pembelajaran dalam bentuk pengalaman lapangan yang mampu meningkatkan nilai pendidikan agar siap memasuki dunia kerja.

"Saat ini ada program Kampus Merdeka yang diinisiasi Mendikbudristek Nadiem dan memang ini mempermudah kita menghasilkan mahasiswa yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing. Mahasiswa memiliki kesempatan mengembangkan potensi mereka selama tiga semester di luar prodi dan ini berjalan dengan baik," kata dia.

Baca juga: UNP kembali tambah empat program studi terakreditasi internasional

Menurut dia, ruang ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa menunjukkan skill mereka pada dunia usaha dan industri sehingga jika mereka tamat dari kampus ditarik bekerja di tempat melaksanakan kerja lapangan.

"Pada umumnya anak-anak yang serius magang di industri selesai itu mereka ditarik bekerja di sana sehingga program ini membuat lulusan lebih dekat dengan dunia usaha dan industri," kata dia.

Pihaknya juga menjalin kerja sama dengan perusahaan di Indonesia salah satunya PT Semen Padang yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Barat. Menurut dia, sebagai perusahaan semen tertua di Indonesia banyak kontribusi yang telah mereka berikan kepada kampus di Sumatera Barat.

Baca juga: UNP kembangkan model desa wisata berbasis komunitas di Kabupaten Solok

"Kita akan menjalin MoU lagi dengan PT Semen Padang karena yang lama nota kesepahaman sudah habis dan akan kita perpanjang lagi," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022