Jayapura (ANTARA) - PT. Pelni Cabang Jayapura mengimbau kepada seluruh penumpang yang berada di kapal dan sekitar pelabuhan agar selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) karena saat ini masih kondisi pandemi COVID-19.
 
General Manager PT. Pelni Cabang Jayapura Whendy Imkotta kepada Antara di Jayapura, Minggu, mengatakan virus corona masih ada sehingga masyarakat jangan lengah dengan tidak menerapkan Prokes.
 
"Meski sudah melakukan vaksinasi hingga booster namun kami imbau tetap menerapkan Prokes dengan begitu para penumpang dapat sampai dengan sehat dan selamat di kota tujuan," katanya.
 
Menurut Whendy, untuk tahun ini penjualan tiket kapal untuk mudik Natal melalui pelabuhan Jayapura mengalami peningkatan 17 persen dibandingkan hari-hari biasanya 700 tiket kini naik hingga 1.200 tiket.
Baca juga: Pelni siapkan 69 unit kapal pada libur Natal dan tahun baru

"Pembeli tiket sudah dari awal Desember dan untuk puncak pembelian pada 16 hingga nanti 21 nanti," ujarnya.
 
Dia menjelaskan sejauh ini pembelian tiket masih berjalan dengan lancar di mana dengan rata-rata kota tujuan yakni Ambon, Nabire, dan Bitung, namun untuk mudik 2022 ada tambahan rute sehingga dalam sehari kapal yang masuk bisa dua atau tiga kapal.
 
"Kami juga akan menyediakan posko selama Natal serta adanya penertiban penumpang kapal laut sehingga Pelindo sebagai penyedia jasa pelabuhan Jayapura memperketat pengamanan," katanya.
 
Whendy menambahkan pihaknya juga berharap agar masyarakat bisa dengan tertib saat berada di atas kapal selain itu juga tidak lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum melakukan perjalanan ke kampung halaman.

Baca juga: Pelni optimis angkut 3 juta penumpang hingga akhir Desember

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022