Terlebih yang melakukan pelayaran keluar Papua seperti ke Sulawesi sehingga penumpang lebih nyaman dengan adanya tambahan fasilitas tersebut
Jayapura (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Jayapura, Papua, menyediakan layanan tambahan atau add on bagi para penumpang kelas ekonomi sehingga dapat merasa nyaman saat berlayar.

Kepala Pelni Cabang Jayapura Slamat Yanuardi di Jayapura, Selasa, mengatakan layanan tersebut bertujuan meningkatkan minat masyarakat agar menggunakan moda transportasi laut serta memberikan rasa nyaman saat berlayar.

“Bagi penumpang kelas ekonomi cukup menambah Rp100 ribu maka penumpang bisa menikmati layanan tambahan berupa bantal dan sprei, selimut dan perlengkapan mandi berisi sabun, pasta gigi, sikat gigi dan sampo,” ujarnya.

Menurut Slamet, layanan ini telah lama dijalankan hanya saja belum terlalu masif dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat dan penumpang di kapal.

"Kami berharap penumpang kapal Pelni bisa merasakan layanan tersebut karena program tersebut merupakan masukan dari masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Pelni Jayapura minta penumpang ikuti aturan selama di atas kapal

Baca juga: Pelni sebut aktivitas kapal di Pelabuhan Jayapura kini kembali normal


Dia menjelaskan layanan ini berlaku untuk semua rute pelayaran domestik maupun intra Papua, di mana layanan add on hadir lantaran adanya permintaan masyarakat yang ingin lebih nyaman saat berlayar.

“Terlebih yang melakukan pelayaran keluar Papua seperti ke Pulau Sulawesi sehingga penumpang bisa lebih nyaman dengan adanya tambahan fasilitas tersebut,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya berharap dengan adanya layanan itu dapat mempengaruhi jumlah penumpang khususnya menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Penumpang yang memilih melakukan perjalanan menggunakan kapal Pelni belum terlihat signifikan biasanya baru akan terlihat mendekati hari raya padahal kami selalu menganjurkan untuk membeli tiket jauh-jauh hari. Tetapi pada Desember mendatang kami tetap membuka layanan ini disesuaikan dengan kapasitas yang ada,” katanya.

Baca juga: Pelni Jayapura imbau warga lakukan pembelian tiket secara daring

Baca juga: Pelni proyeksi angkut 500.000 penumpang periode Natal-Tahun Baru 2024


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023