Jakarta (ANTARA) - Universal Pictures telah merilis cuplikan (trailer) perdana dari film terbaru Christopher Nolan, "Oppenheimer".

Berdasarkan laporan Variety, Senin, "Oppenheimer" mendokumentasikan kehidupan dan penghargaan dari fisikawan J. Robert Oppenheimer yang dipertanyakan secara etis, yang dianggap sebagai penemu bom atom.

Oppenheimer adalah salah satu kontributor utama Proyek Manhattan, upaya penelitian pemerintah yang berpusat pada pembuatan senjata nuklir yang berlangsung dari tahun 1942-1946, dan dia adalah direktur Laboratorium Los Alamos, tempat pembuatan bom secara fisik.

Cillian Murphy berperan sebagai Oppenheimer, menandai kali pertamanya mendapatkan peran utama dalam salah satu film Nolan. Murphy telah menjadi bagian penting dalam banyak film Nolan, yang sebelumnya membintangi "Inception" (2010), "Batman Begins" (2005), "The Dark Knight" (2008), "The Dark Knight Rises" (2012), dan "Dunkirk" (2017).

"Saya akan selalu muncul untuk Chris (Nolan), berapa pun besarnya peran itu. Chris akan meneleponku dan aku akan ada di sana," kata Murphy kepada The Guardian, baru-baru ini.

Selain Murphy, ada juga Florence Pugh sebagai Jean Tatlock; Emily Blunt sebagai Kitty Oppenheimer; Robert Downey Jr. sebagai Lewis Strauss; Matt Damon sebagai Leslie Groves Jr.; dan Gary Oldman sebagai Harry S. Truman.

Ada pula Rami Malek, Kenneth Branagh, Benny Safdie, Dane DeHaan, Jack Quaid, Matthew Modine, Alden Ehrenreich, Josh Peck, Jason Clarke, David Dastmalchian, Alex Wolff, James D'Arcy di jajaran pemain.

Film ini diadaptasi dari novel biografi "American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer" oleh Kai Bird dan mendiang Martin J. Sherwin, yang memenangkan Hadiah Pulitzer pada tahun 2006.

Selain mengadaptasi buku untuk layar lebar, Nolan akan bertindak sebagai sutradara dan produser dalam film ini, bersama produser Charles Roven dan Emma Thomas.

"Oppenheimer" menandai film pertama Nolan sejak "Memento" tahun 2000 yang tidak dirilis oleh Warner Bros., setelah hubungannya dengan studio berakhir setelah perilisan "Tenet" (2020).

Sementara itu, "Oppenheimer" tayang perdana di bioskop pada 21 Juli 2023.

Baca juga: Christopher Nolan ungkap detil baru film "Oppenheimer"

Baca juga: Josh Hartnett bergabung di film baru Christopher Nolan "Oppenheimer"

Baca juga: Robert Downey Jr. dan Matt Damon akan bintangi "Oppenheimer"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022