Harare, Zimbabwe (ANTARA) - Komunitas China di Zimbabwe menghadirkan senyuman dan kegembiraan di pesta Natal awal yang diadakan pada hari Jumat untuk anak-anak penyandang disabilitas di sana.

Anak-anak dari berbagai kelompok usia, beberapa di antaranya menggunakan kursi roda dan beberapa lainnya di lantai, memukau penonton dengan gerakan tarian mereka.

Digelar untuk menghibur anak-anak penyandang disabilitas, pesta ini diselenggarakan oleh Asosiasi Bisnis Hunan China di Zimbabwe (China Hunan Business Association in Zimbabwe/CHBAZ), sebuah organisasi yang mewakili bisnis China dari Provinsi Hunan, China selatan.

Komunitas China tersebut juga menggunakan kesempatan ini untuk menyumbangkan bahan makanan kepada keluarga anak-anak penyandang disabilitas.

Para anggota Tim Medis China ke-19 di Zimbabwe, yang juga berasal dari Provinsi Hunan, turut hadir dalam acara ini.

Ketua CHBAZ Song Zhuolin mengatakan bahwa acara ini merupakan bagian dari cara komunitas bisnis China tersebut membantu masyarakat.

"Kami ingin membantu masyarakat karena kami berbisnis di sini, jadi kami juga perlu melaksanakan tanggung jawab sosial bagi masyarakat di sini," tuturnya.

Emilia Furawu, seorang ibu dari anak penyandang disabilitas, mengatakan acara seperti ini baik untuk anak-anak karena menyediakan ajang sosialisasi.

"Saya sangat senang dengan acara hari ini," ujarnya. "Anak-anak kami menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Mereka tidak punya banyak waktu untuk bersukacita seperti anak-anak lain."

Patricia Muranganwa, yang juga ibu dari anak penyandang disabilitas, mengatakan acara ini memberikan dukungan bagi anak-anak tersebut.

"Acara ini membuat tubuh mereka aktif. Anak-anak yang bisa menari, dapat menari mengikuti musik. Anak-anak yang bisa menari di atas kursi roda, juga dapat melakukannya. Mereka yang bisa bernyanyi, dapat bernyanyi di atas kursi roda," katanya.

Direktur Asosiasi Orang Tua Anak Penyandang Disabilitas Zimbabwe Theresa Makwara menyampaikan terima kasih kepada CHBAZ atas kebaikan mereka.

Zimbabwe dan Provinsi Hunan telah lama menjalin kerja sama.

Sejak 1985, provinsi tersebut telah mengirimkan 19 tim medis ke Zimbabwe untuk bekerja sama dengan tenaga kesehatan setempat.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022