Hong Kong (ANTARA) - Sebuah rumah sakit di Hong Kong berhasil melaksanakan operasi pertama transplantasi organ terkecil, yaitu jantung, kepada seorang bayi perempuan berusia empat bulan.

Kepala Eksekutif Daerah Administratif Khusus (SAR) Hong Kong John Lee mengatakan jantung tersebut merupakan organ terkecil yang pernah ditransplantasikan di Hong Kong. Dia menambahkan otoritas China daratan dan SAR Hong Kong mengalami banyak tantangan untuk mewujudkan operasi tersebut.

Sebuah rumah sakit di Hong Kong menyelesaikan operasi transplantasi organ pertama, Sabtu (17/12), terhadap bayi perempuan tersebut.

Seorang bayi perempuan di Hong Kong mendapatkan sumbangan jantung dari seorang anak, yang meninggal dunia karena kecelakaan di China daratan.

Bayi perempuan yang menderita gagal jantung itu memerlukan transplantasi untuk bertahan hidup. Meskipun pencarian donasi jantung lokal yang sesuai terus berlanjut, pemerintah SAR Hong Kong memerlukan bantuan dari Komisi Kesehatan Nasional China.

Pada Jumat (16/12), jantung seorang anak disumbangkan kepada bayi perempuan tersebut. Jantung itu tiba di Hong Kong pada Jumat malam waktu setempat dan tim medis dari Rumah Sakit Anak Hong Kong berhasil melakukan operasi pada Sabtu dini hari.




 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022