Jakarta (ANTARA)  - Dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada 28 November setiap tahunnya. Odysee Education bersama ‘Hutan Itu Indonesia’ dan ‘Teens Go Green’ memberikan edukasi kepada ratusan pelajar serta pendidik Indonesia jenjang SD, SMP hingga SMA. Melalui acara webinar “Aku dan Pohon Bersahabat, Oydsee Education ajak anak muda lebih peduli lingkungan dan menekankan pentingnya melestarikan pohon untuk pemulihan sumber daya lahan dan hutan, sehingga tercipta lingkungan yang lestari dan mampu mendukung keberlangsungan makhluk hidup ke depannya.

CEO Odysee Education Alfin Christiano mengungkapkan “Sebagai konsultan manajemen sekolah, Odysee Education terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan cara mendampingi lembaga pendidikan formal dalam peningkatan mutu pendidikan dari segi memperbaiki sistem manajemen sekolah, kurikulum, maupun memberikan pelatihan dan penempatan tenaga pengajar terbaik ke sekolah-sekolah. Kami percaya pendidikan berkualitas bagi para siswa/I tidak hanya di dalam kelas, namun juga di luar kelas. Oleh karena itu, kegiatan edukasi mengenai pelestarian pohon dan lingkungan hari ini merupakan salah satu metode pendidikan luar kelas yang diberikan kepada para pelajar agar dapat membentuk karakter generasi muda yang mau dan mampu berkontribusi terhadap lingkungan.”

“Kami memiliki berbagai mitra sekolah dari berbagai jenjang dengan puluhan ribu siswa/i yang tersebar di seluruh Indonesia, kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan kualitas serta meningkatkan semangat generasi muda dalam mencitai lingkungan. Sejak 28 November 2022, kami telah menyelenggarakan rangkaian acara untuk para pelajar SD hingga SMA berupa Recycle Poster Competition yang bertujuan agar mereka dapat meningkatkan kreativitas dalam mendesain poster. Kami berharap poster-poster karya para pelajar dapat mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menanam pohon dan menjaga lingkungan. Hasil dari lomba poster tersebut pun didonasikan kepada ‘Hutan Itu Indonesia’ untuk melestarikan pohon-pohon di hutan Indonesia”, tambah Alfin.

Pohon memiliki banyak manfaat bagi kelangsungan hidup, selain menghasilkan oksigen dan memberikan udara yang segar bagi manusia dan hewan, pohon pun dapat menjaga cadangan air tanah, mengurangi dampak perubahan iklim, menjaga populasi makhluk hidup, mencegah erosi tanah atau longsor, serta mencegah banjir.

Ir. Dyah Murtiningsih, M.Hum, Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK), merespon positif inisiatif yang dilakukan oleh Odysee Education “Dalam menjaga lingkungan semua orang memiliki peran, termasuk anak muda. Merekalah generasi penerus yang memiliki andil besar dalam menentukan masa depan alam dan lingkungan di kehidupan kita dan anak cucu di masa mendatang. Saya sangat mengapresiasi Odysee Education yang mewadahi kegiatan edukasi mencintai lingkungan seperti webinar hari ini. Webinar ini bisa menjadi sesuatu yang tersimpan dalam ingatan anak-anak dan semoga nantinya akan termanifestasikan dalam cara berpikir, bertidak, dan berperilaku serta berinteraksi dengan alam dan lingkungan hidup sehingga nantinya bisa peduli dan bijak dalam melestarikannya.”

Sejalan dengan KLHK, Abdul Bagas dari Hutan Itu Indonesia mengungkapkan, “Menjaga kelestarian hutan merupakan tanggung jawab bersama, tak terkecuali anak muda. Kami sangat antusias mengedukasi pentingnya menanam pohon, menjaga pohon, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap hutan Indonesia kepada pelajar yang hadir dalam webinar Odysee Education. Kami juga berterima kasih, atas donasi yang diberikan dalam program ‘Adopsi Pohon’ yang disalurkan untuk kawasan hutan di hutan Nagari Sirukam, Kab. Solok, Sumatra Barat dan hutan Desa Long Lake, Kab. Malinau, Kalimantan Utara, sehingga hutan di Indonesia tetap lestari”.

Tak ketinggalan, webinar hari ini turut menghadirkan Komunitas ‘Teens Go Green’ yang memberikan edukasi pentingnya menjaga lingkungan melalui aksi menyebarkan #VirusCintaLingkungan dengan konsep edutainment, Putri Adnyaningsih dari Teens Go Green menyampaikan, “Kami berupaya dan terus memberikan dukungan penuh terhadap institusi, organisasi, dan komunitas yang memberikan edukasi pelestarian lingkungan seperti Odysee Education. Generasi muda memiliki power sebagai agen perubahan sekaligus potensi dalam mengambil aksi nyata untuk bumi yang adil dan lestari di masa mendatang”.

“Kami harap pendidikan luar kelas melalui webinar hari ini dapat menumbuhkan kecintaan, yang kemudian diikuti aksi nyata anak muda untuk berkontribusi dalam menciptakan lingkungan dan hutan yang lestari, serta menginspirasi banyak pihak untuk terus menjaga lingkungan”, tutup Alfin. 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022