Mari kita saling terbuka akan informasi, karena percayalah semakin kita terbuka semakin mudah kita bekerja.
Mataram (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (Wagub NTB) Hj Sitti Rohmi Djalillah mengajak agar seluruh badan publik di daerah ini untuk aktif dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Menurut Hj Sitti Rohmi Djalilah saat membuka Anugerah KIP Provinsi NTB tahun 2022, di Kota Mataram, Senin, KIP merupakan salah satu poin penting dalam pembangunan di suatu daerah.

"Kami bersama Gubernur menjunjung tinggi KIP. Hal ini merupakan kebutuhan dan saat ini sesuatu yang ditutupi sudah tidak laku lagi. Mari kita saling terbuka akan informasi, karena percayalah semakin kita terbuka semakin mudah kita bekerja," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa dalam hal keterbukaan informasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB memiliki komitmen tinggi yang dibuktikan melalui layanan informasi "NTB Care".

NTB Care merupakan program unggulan Pemprov NTB sebagai media aspirasi dan layanan komunikasi dua arah antara pemimpin dengan masyarakat NTB.

"Bentuk komitmen kami dalam hal keterbukaan, yakni kami memiliki NTB Care yang merupakan layanan komunikasi dua arah antara pemimpin dengan masyarakat," kata Wagub NTB itu pula.

Keterlibatan masyarakat sangat penting, sehingga masyarakat juga berbaur bersama-sama dengan pemerintah membangun NTB.

Ketua Komisi Informasi NTB Suaeb Quri mengatakan, tahun ini terdapat peningkatan kualifikasi informatif, salah satunya untuk kategori badan publik di tingkat organisasi perangkat daerah (OPD) lingkungan Pemprov NTB.

"Terdapat penambahan sebanyak empat badan publik di lingkungan perangkat daerah NTB, dan terdapat pula badan publik yang tetap konsisten dalam mempertahankan prestasinya. Ini hal yang positif dalam keterbukaan informasi di NTB," ujarnya.

Ia berharap agar badan publik yang belum masuk ke dalam kategori informatif, agar memberikan upaya yang lebih optimal sehingga di tahun depan mendapat prestasi yang lebih baik.

Tahun ini, Komisi Informasi NTB memberikan penghargaan 5 kategori, di antaranya kategori badan publik vertikal, kategori badan publik penyelenggara pemilu, kategori badan publik pemerintah desa, kategori badan publik pemerintah kabupaten/kota dan kategori badan publik OPD lingkungan Pemprov NTB.

Untuk kategori badan publik vertikal yang mendapat nilai tertinggi adalah KPU NTB dengan nilai 99,25. Untuk nilai tertinggi kategori badan publik penyelenggara pemilu diraih KPU Kabupaten Dompu dengan nilai 97,85. Kategori badan publik pemerintah desa dimenangkan oleh Desa Senggigi dengan nilai 94,21.

Kategori badan publik pemerintah kabupaten/kota nilai tertinggi diraih Kabupaten Lombok Barat dengan nilai 99,50 dan untuk badan publik OPD lingkup Pemprov NTB dengan nilai tertinggi didapat oleh RSUD Provinsi NTB dengan nilai 99,40.
Baca juga: KIP: Jabar, Bali, NTB raih indeks keterbukaan informasi tertinggi

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022