Mataram (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan mobil layanan kesehatan keliling yang siaga di posko pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, sebagai langkah antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perayaan malam pergantian tahun.

"Untuk Natal dan Tahun Baru, kami dilibatkan seperti tahun-tahun sebelumnya di posko pengamanan yang dibuat Polresta Mataram," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr H Usman Hadi di Mataram, Selasa.

Menurut dia, untuk lokasi dan jumlah titik posko pengamanan disesuaikan dengan jumlah posko pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang akan dibentuk oleh Polresta Mataram.

Baca juga: Pemkot Jakpus siapkan 13 posko pengamanan Natal 2022 dan tahun baru

Kalau tahun-tahun sebelumnya, posko pengamanan ada di tiga titik yakni depan Mataram Mall Karang Jangkong, pertigaan Kebon Roek, dan Terminal Mandalika.

"Tapi kalau ada tambahan, kami juga siap dengan SDM dan mobil layanan kesehatan keliling. Kami gunakan mobil ambulans yang ada di 11 puskesmas," katanya.

Ia mengatakan, mobil layanan kesehatan keliling yang akan disiagakan itu merupakan mobil yang ada di puskesmas di wilayah terdekat, termasuk tenaga medisnya.

Baca juga: Terminal Kalideres dirikan posko Natal dan tahun baru

Misalnya, Posko Terminal Mandalika menggunakan layanan dari Puskesmas Sandubaya atau Cakranegara, Posko Karang Jangkong menggunakan tim dari Puskesmas Mataram, sedangkan Posko Kebon Roek dari Puskesmas Ampenan.

"Satu mobil layanan disiapkan dua perawat. Untuk jam operasional kita belum tahu, tapi kalau 24 jam maka petugas kita bagi dua shift," katanya.

Menurut dia, jenis obat yang disiapkan dalam mobil layanan keliling adalah jenis obat-obat P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan). Apabila ada masyarakat yang membutuhkan tindakan medis lebih lanjut maka pasien akan dirujuk ke RSUD Kota Mataram.

Baca juga: AP II aktifkan Posko Natal dan Tahun Baru di 20 bandara

"Selain ada tim kami dari puskesmas, di posko juga akan ada tim dari RSUD Kota Mataram," katanya.
 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022