layanan transportasi umum di Ibu Kota saat ini sudah disesuaikan untuk mengangkut warga yang ingin merayakan tahun baru, seperti Moda Raya Terpadu (MRT) yang disebutkan layanan itu dapat digunakan hingga pukul 02.00 dini hari
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau warga menggunakan transportasi umum untuk mengakses lokasi-lokasi yang menjadi titik perayaan tahun baru di Jakarta, termasuk kawasan Sudirman-Thamrin.

"Kami imbau masyarakat yang nantinya berkunjung ke kawasan Sudirman-Thamrin merayakan tahun baru menggunakan layanan transportasi umum," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan layanan transportasi umum di Ibu Kota saat ini sudah disesuaikan untuk mengangkut warga yang ingin merayakan tahun baru, seperti Moda Raya Terpadu (MRT) yang disebutkan layanan itu dapat digunakan hingga pukul 02.00 dini hari.

"Angkutan umum untuk MRT itu dioperasionalkan sampai pukul 02.00, sementara kita pahami untuk layanan TransJakarta ini sudah beroperasi 24 jam," ungkapnya.

Penggunaan angkutan umum ini, kata Syafrin, tak terlepas dari rencana bahwa dalam rangkaian kegiatan perayaan tahun baru akan diberlakukan malam bebas kendaraan, di mana koridor 1 Transjakarta rute Blok M-Kota akan situasional.

"Begitu terpantau di tujuh atau sembilan titik acara ada keramaian yang kemudian sulit dilalui TransJakarta, tentu TransJakarta koridor Blok M-Kota akan dilakukan rerouting. Jadi dari arah utara setelah masuk Jalan Hayam Wuruk melintas di Halte Harmoni ini langsung bisa belok kanan ke Suryopranoto, Balikpapan via Caringin kemudian Gomang belok kiri, S Parman-Gatot Subroto- Semanggi langsung masuk ke Sudirman menuju ke Blok M," ucapnya.

Hal itu juga berlaku di arah sebaliknya, misalnya dari Blok M atau Bundaran HI sulit diakses TransJakarta, maka rutenya akan situasional dialihkan.

"Karena selama penerapan car free night mulai pukul 20.00 sampai pukul 02.00 ini kami akan memonitor, tetapi upayakan layanan TransJakarta tetap beroperasi normal," tuturnya.

Selain itu, untuk layanan MRT karena ada di bawah tanah, Syafrin menegaskan tidak akan ada gangguan menuju lokasi perayaan tahun baru.

"Jadi masyarakat bisa turun, contohnya yang dari arah selatan bisa di stasiun Asean, kemudian bisa melanjutkan dengan layanan MRT untuk sampai ke kawasan Bundaran HI atau di Sudirman-Thamrin," ucapnya.

Meski demikian, Syafrin menyebutkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan 40 kantong parkir di 40 lokasi yang akan menjadi lokasi perayaan tahun baru 2023.
Baca juga: Ketua MPR: Aparat agar atur pelaku perjalanan Natal-Tahun Baru 2023
Baca juga: PLN jamin keandalan listrik nasional selama libur Natal-Tahun Baru
Baca juga: Operasional TransJakarta 24 jam saat malam tahun baru

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022