Rio Dell, California (ANTARA) - Gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang kawasan pantai California utara pada Selasa, menewaskan dua warga, menghancurkan perumahan dan infrastruktur lainnya serta membuat ribuan orang hidup tanpa listrik dan air bersih.

Menurut keterangan Kantor Sheriff Humboldt County, setidaknya dua orang tewas, belasan terluka akibat guncangan gempa yang terjadi menjelang subuh tersebut.

Getaran yang terjadi pada pukul 02.30 waktu setempat diikuti oleh sekitar 80 gempa susulan, berpusat 350 kilometer di utara San Francisco lepas pantai Humboldt County, daerah pedesaan yang dikenal dengan hutan redwood, makanan laut lokal, kayu. industri dan peternakan sapi perah.

Wilayah ini juga dikenal dengan aktivitas seismik yang relatif sering terjadi, meskipun gempa terbaru tampaknya menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir.

Gempa pada Selasa memicu kebakaran - karena memutus saluran gas dari pemanas air panas - dan menyebabkan setidaknya dua bangunan lainnya runtuh, kata pihak berwenang.

Kobaran api dengan cepat berhasil dipadamkan, dan petugas pemadam kebakaran menyelamatkan seorang penduduk yang sempat terperangkap di dalam rumah, menurut petugas pemadam kebakaran.

Sekitar dua lusin rumah rusak parah hingga "ditandai merah", dinyatakan tidak aman untuk dihuni. Sebagian besar berada di Rio Dell, sebuah kota berpenduduk sekitar 3.400 yang terkena dampak paling parah.

Layanan air untuk seluruh komunitas terputus, dan pejabat kota Kyle Knopp mengatakan dia memperkirakan 100 hingga 150 penduduk kemungkinan besar akan mengungsi.

"Banyak yang rusak"
Jacqui McIntosh, 28 tahun, yang rumahnya di Rio Dell ikut roboh, menceritakan bahwa dia dan suaminya, Shane, tersentak dari tempat tidur dan meringkuk di bawahnya sampai guncangan berhenti.

"Dan kemudian, saat kami berlari keluar rumah... tercium bau gas di mana-mana," katanya.

"Air kami bocor, jadi ada air di mana-mana. Saya hanya ingat ketika berjalan keluar rumah dan melihat sebuah rumah yang nyaris rata dengan tanah, dekat beranda kami," ujarnya.

Warga Rio Dell lainnya, Liz Peavy, 68 tahun, mengatakan dia juga terbangun dari tidurnya ketika rumahnya mulai berguncang.

"Dan terus berguncang dan berguncang, dan benda-benda berjatuhan. TV mati, microwave, semuanya, seperti semua pernak-pernik kecil milik saya berhamburan ke mana-mana," katanya.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan bahwa terdapat sekitar 70 panggilan darurat setelah gempa itu.

Belum ada rincian soal korban jiwa. Dua korban jiwa dalam peristiwa gempa itu adalah seorang warga berusia 72 tahun dan satu warga lainnya berusia 83 tahun. Keduanya memang sudah menderita keadaan darurat medis saat gempa itu terjadi.

Kondisi tersebut membuat tim penyelamat gagal mencapai mereka tepat waktu untuk memberikan perawatan untuk menyelamatkan jiwa mereka, kata Sheriff Humboldt County, William Honsal.

Sebagian besar dari 12 orang yang selamat berhasil mencari perawatan medis dan pergi ke rumah sakit dan menderita luka yang relatif ringan akibat tertimpa benda yang jatuh. Dua dari kasus paling serius adalah cedera kepala dan patah pinggul, kata para pejabat.

Baca juga: Google jadikan ponsel Android pendeteksi gempa, mulai di California

"Benar-benar intens"
Polisi menutup jembatan Eel River, tepat di luar Ferndale, sebuah kota indah yang terkenal dengan etalase dan rumah bergaya Victoria, setelah empat retakan besar ditemukan di rentang tersebut. Patroli Jalan Raya California juga mengatakan fondasi jalan di sana berbahaya.

Pihak berwenang melaporkan setidaknya empat jalan Humboldt County ditutup karena kerusakan akibat gempa.

"Gempanya sangat kuat," kata Daniel Holsapple, 33, seorang penduduk Arcata, yang menceritakan bahwa dia kemudian memegang kucing peliharaannya dan berlari keluar setelah dia terbangun dalam kegelapan akibat gerakan rumah dan peringatan darurat dari telepon selular.

"Tidak ada yang melihat apa yang sedang terjadi. Itu hanya suara gemuruh dari fondasi seluruh rumah yang bergetar," katanya.

Sistem peringatan dini gempa California mengirimkan peringatan elektronik ke perangkat seluler sekitar tiga juta penduduk California utara, berjarak sekitar 10 detik sebelum guncangan pertama dirasakan, kata kepala darurat negara bagian Mark Ghilarducci.

Gempa pada Selasa terjadi di daerah seismik aktif di mana beberapa lempeng tektonik bertemu di dasar laut sekitar 2 mil lepas pantai, kawasan yang telah menimbulkan sekitar 40 kali gempa dalam kisaran 6,0 sampai 7,0 SR selama abad terakhir, kata Cynthia Pridmore, seorang ahli geologi senior untuk Survei Geologi California.

"Tidak biasa terjadi gempa sebesar ini di wilayah ini," katanya dalam konferensi pers.

Guncangan dari gempa Selasa dirasakan hingga ke wilayah Teluk San Francisco, demikian laporan Survei Geologi AS.

Sumber: Reuters

Baca juga: Gempa guncang kawasan berpenduduk 20 juta di California

 

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2022